TBM Lentera Ilmu Resmi Dibuka, Masyarakat Diharapkan Dapat Mengaplikasikan Literasi

Serang (10/04/2021) satubanten.com – Taman Baca Masyarakat (TBM) Lentera Ilmu Taman Bermain Anak di Bumi Agung Permai 1, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang resmi dibuka. TBM Lentera Ilmu yang diharapkan menjadi wahana untuk mengimplementasikan potensi dimasyarakat agar masyarakat menjadi lebih cerdas, kreatif dan inovatif.

TBM Lentera Ilmu diresmikan langsung Wakil Ketua III DPRD Kota Serang, Pimpinan Kecamatan Kota Serang, Lurah Unyur, Dinas Perpustakaan Kota Serang, CEO Bank Sampah Digital (BSD) dan tokoh masyarakat. Sabtu, (10/04/2021).

“Ini sudah menjadi kewajiban saya memperjuangkan aspirasi masyarakat disini, karena ada begitu banyak aspirasi dan alhamdulilah dengan kerjasama semuanya, dapat direalisasikan. Ditambah lagi, warga disini kompaknya luar biasa terutama pak RW yang didukung oleh para RT, mereka semua kolaborasi dengan maksimal. Selain itu program-program yang digagas juga luar biasa semoga dapat menjadi RW percontohan kedepannya,” ujar Hasan Basri selaku Wakil Ketua III DPRD Kota Serang.

Mala (35) salah satu masyarakat sekitar turut bahagia dengan diresmikannya TBM Lentera Ilmu, karena dengan begitu anak-anak dapat lebih bersemangat lagi belajar. “Alhamdulillah minat baca anak-anak disini sudah bagus, terus jumlah anak-anaknya juga banyak ditambah lagi dapat fasilitas untuk membaca dan meningkatkan literasi lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Nana Heriatna ketua RW 23 mengatakan bahwa TBM Lentera Ilmu bergerak membuat sebuah TBM yang menyenangkan, tidak hanya membaca tapi juga mengaplikasikan daripada bacaan.

“Tadi terlihat dari anak-anak juga sudah mulai memahami literasi, selain itu kita juga ingin memfokuskan TBM ini pada pengelolaan sampah anorganik bekerjasama dengan Bank Sampah Digital (BSD). Nah BSD ini kan bagian dari literasi juga,” jelasnya.

Adapun program yang akan dijalankan yaitu adanya pengembangan diri anak-anak, diantaranya setiap hari ada kegiatan bimbel untuk hari Jumat ada kegiatan bimbel khusus, seperti belajar tahsin, bhs. Inggris dan review daripada bimbel sebelumnya.

“Jadi setelah pelaksanaan itu yang utama dan terakhir adalah kami mencoba mengembangkan BSD, dimana nanti manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat jadi sampah tidak bertumpuk di tempat sampah tapi sampah bisa dipilah menjadi lebih bermanfaat untuk menambah perekonomian warga,” tuturnya.

Ia juga berharap semoga TBM ini dapat dukungan penuh dari warga dan masyarakat sekitar RW 23, selalu mendapatkan supporting dari Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dan anggota DPRD Kota Serang lainnya.

“Dalam hal ini tentunya kita fokus dengan adanya intens dari pak Walikota yaitu pembenahan sampah dan pak Camat pun tadi sudah menyampaikan bahwa siap gotong-gorong dipanggil kapanpun dan juga siap menjadi pembina di BSD,” pungkasnya. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...