Tahun 2020, Pemkab Serang Perbaiki 925 RTLH

Serang (29/01/2020) SatuBanten.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus menggulirkan program prioritas perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH). Setiap tahun, melalui APBD Kabupaten Serang, anggaran dan jumlah rumah yang diperbaiki terus bertambah.

Kepala Bidang Tata Bangunan pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB), Toni Kristiawan mengatakan, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta anggaran perbaikan RTLH ditingkatkan pada tahun ini.

“Tahun lalu melalui APBD Kabupaten Serang, telah diperbaiki 822 RTLH. Tahun ini meningkat, direncanakan diperbaiki 925 RTLH,” ujarnya, Rabu (29/1/2020).

Selain bersumber dari APBD Kabupaten Serang, perbaikan RTLH juga dibantu melalui anggaran APBN dan APBD Provinsi Banten. Tahun ini direncanakan Pemprov Banten akan membantu perbaikan 40 RTLH.

“Tahun lalu Pemprov membantu empat rumah, tahun ini direncanakan 100 rumah, jadi meningkat bantuannya,” ungkap Toni.

Kemudian tahun ini, dari pemerintah pusat direncanakan akan membantu perbaikan 500 RTLH.

“Target kami, melalui APBN tahun ini bisa mencapai 1.500 RTLH, dan ada kemungkinan bertambah. Dari dana tanggung jawab sosial perusahaannya diharapkan bisa terus membantu perbaikan RTLH. Sebab program ini menjadi skala prioritas Ibu Bupati Serang,” ujarnya.

Sekadar diketahui, sejak memimpin Kabupaten Serang awal 2016, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dihadapkan pada banyaknya RTLH yang mencapai 12.700 rumah. Hingga tahun 2019, telah diperbaiki sebanyak 5.823 RTLH.

Sinergi program perbaikan RTLH dilakukan melalui APBD Kabupaten Serang, APBD Banten, APBN, corporate social responsbility (CSR) perusahaan, dan infaq aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Serang.

Saat mengikuti fit and proper test Pilkada 2020 di DPC Partai Gerindra Kabupaten Serang, Tatu mengaku bangga dan berterima kasih terhadap ASN Pemkab Serang yang turut serta membantu perbaikan RTLH di Kabupaten Serang. Melalui infaq dan sodaqoh yang dihimpun Baznas Kabupaten Serang, mulai dari bupati hingga seluruh jajaran Pemkab turun tangan.

“Jika ada RTLH darurat, bisa dibantu langsung melalui Baznas Kabupaten Serang. Sumbangan ASN ini sangat membantu dalam memperbaiki rumah warga yang tidak layak huni,” ujarnya. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...