Surya 73 Tahun Tinggal di Gubug Tengah Kebun, Begini Kondisinya

Lebak (10/10/2019) SatuBanten. News – Dompet Dhuafa Banten tergerak mengunjungi kediaman Kakek Surya yang berada di Kampung Pasir Ranji RT 12/RW 05, Desa Kadujajar, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, dengan membawa sejumlah bantuan logistik, antara lain 2 kasur busa beserta bantal, sembako, 1 peti telur, juga 1 karung beras.

Tubuhnya ringkih, tidak jarang ia sakit-sakitan hingga kini di usianya ke 73, masih pula ia harus berdistraksi memikirkan makanan untuk dikonsumsinya, menyambung hidup hingga hari-hari berikutnya. Itulah kondisi yang dialami Surya dan saudaranya. Hidup di gubuk tengah kebun, jauh dari rumah warga sekitar, dengan usia yang sudah sangat sepuh.

“Bahkan untuk makan sehari-hari saja mereka hanya menunggu belas kasihan dari warga sekitar. Usia dan keadaan keduanya yang sudah sepuh serta sering sakit-sakitan tidak memungkinkan mereka untuk bekerja, apalagi untuk sekedar memenuhi kebutuhan dasar mereka,” ungkap Mokhlas Pidono, Pimpinan Dompet Dhuafa Cabang Banten.

Surya dan saudara kandungnya merupakan muallaf yang baru memeluk Islam selama 2 tahun terakhir. Menurut keduanya, mereka sudah tidak lagi berkomunikasi dengan keluarganya. Tempat tinggal mereka sangat jauh dari kata nyaman. Dengan dinding yang terbuat dari bilik bambu, lantai dari anyaman bambu yang dibelah, serta atap dari asbes, mungkin rumah mereka lebih cocok disebut gubuk.

“Hampir tidak ada perabotan di rumah itu, menurut informasi dari relawan setempat dan diperkuat cerita dari Kakek Surya, rumah tersebut bukan miliknya, tapi rumah warga yang dipinjamkan,” lanjut Mokhlas.

“Bersyukur sekali atas nikmat yang kita dapat hari ini. Maka Insya Allah, Dompet Dhuafa Banten kedepannya, akan menjamin kebutuhan dasar Kakek Surya setiap bulannya.” ujarnya (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...