Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Suka Mengkonsumsi Telur Asin? Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Serang (01/02/2020) SatuBanten.com – Telur asin adalah telur yang telah mengalami proses pengawetan dengan menggunakan garam sehingga mampu bertahan lama. Bahan utama telur asin yang biasa digunakan oleh produsen adalah telur bebek.

Berikut dibawah ini beberapa manfaat yang terdapat dalam telur asin bagi kesehatan tubuh:

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Telur asin yang berasal dari telur bebek mengandung gabungan dari protein, lemak, dan karbohidrat. Sebutir telurnya mengandung 9 gram protein berkualitas yang dapat digunakan oleh tubuhmu untuk menunjang sistem kekebalan dan menjaga kulitmua tetap sehat.

Dengan demikian, memakan sebutir telur bebek, memenuhi 15% protein yang dibutuhkan tubuh orang dengan berat rata-rata 68 kg, menurut pedoman yang diterbitkan oleh Lowa State University Extension. Telur bebek juga mengandung 9,6 gram lemak yang menjadi sumber energi, dan 1 gram karbohidrat.

Kandungan Nutrisi

Kandungan nutrisi di dalam telur asin, terutama vitamin A atau B mampu membantu mata menjadi lebih jernih dengan penglihatan yang sangat baik. Berbagai masalah mata seperti katarak dan yang berkaitan dengan usia juga bisa diatasi dengan mengonsumsi telur asin.

Namun, tidak harus setiap hari untuk mengonsumsi makanan bulat yang satu ini. Anda bisa mengonsumsinya dalam beberapa rentang waktu karena kandungan sodium di dalam telur asin juga tidak terlalu baik untuk tubuh. 

Baik untuk Pertumbuhan Otak

Telur asin juga bermanfaat untuk pertumbuhan otak. Kandungan Omega 3 pada telur asin dapat membantu pertumbuhan sel-sel otak dan mencegahnya rusak. Mengonsumsi telur asin sangat disarankan untuk ibu hamil dan anak yang berusia 1-3 tahun.

Kandungan protein yang tinggi di dalam telur asin, juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi telur asin saat sarapan atau dijadikan sebagai pelengkap saat memakan makanan berat.

Mengatasi Masalah Anemia

Untuk kamu yang menderita anemia atau kurang darah, tentunya sering merasa pusing, mual, kelelahan, dan lainnya. Ternyata kandungan zat besi dalam telur asin ini bisa membantu tubuh untuk mengatasi anemia defisiensi besi, sehingga kamupun dapat meminimalisir gejala-gejala anemia di atas. (RR/SBS31)

Comments
Loading...