Sudah Tercetak 25%,  Disdukcapil Kota Serang Targetkan 10 ribu  KIA Tahun Ini

Serang (18/7/2019) Satubanten.com  – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang menargetkan sepuluh ribu Kartu Identitas Anak (KIA) selesai di tahun 2019 ini. Saat ini baru terealisasi sekitar dua puluh lima persen terhitung sejak Tahun ajaran baru.

Sekretaris Dinas Dukcapil Kota Serang Hudori mengatakan, diawal tahun ajaran baru ini ada sekitar dua ribu lima ratus keping KIA telah dikeluarkan oleh pihaknya. Kemudian, target pembuatan KIA ditahun ini juga menyangkut pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Serang.

“Jadi, baru sekitar dua puluh lima persen. Insya Allah di tahun ini bisa tercapai. Karena ini juga masih diawal. Kemudian ini kan menyangkut penganggaran di APBD. Insya Allah target sepuluh ribu KIA di tahun ini bisa tercapai,” ujarnya kepada media, Kamis (18/7)

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya bekerjasma dengan sejumlah sekolah yang ada di Kota Serang. Secara keseluruhan saat ini ada sekitar 15.000 lebih keping yang sudah disebarkan kepada para siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Dari 2017 sejak kami terbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) pada tahap awal ini kami kerjasama secara kolektif ke sekolah-sekolah. Karena wajib, KIA ini ada di jenjang SMA kebawah hingga PAUD, maka supaya efisien dari sisi pelayanannya, kami kerjasama dengan sekolah,” katanya.

Selain sekolah, pihaknya juga  menjalin Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan vendor-vendor tertentu. Misalnya, tempat bermain, kemudian restoran cepat saji, bahkan hinggu beberapa water boom. Pemegang KIA ini akan mendapat semacam diskon atau potongan harga khusus. Sehingga dapat menarik minat anak untuk berlomba-lomba memilikinya.

Ia juga mengatakan, potongan harga atau diskon khusus pemegang KIA di Kota Serang kini sudah dapat dinikmati. Karena sudah berlaku sejak beberapa bulan lalu. Potongan harga itu pun bervariasi. Ada yang dua puluh persen, tiga puluh persen, atau ada hadiah menarik lainnya.

“Itu sudah berlaku, sudah bisa digunakan, dan sudah bisa dinikmati. Hanya saja memang untuk di toko-toko buku dan perlengkapan sekolah itu belum melakukan kerjasama. Tapi diskon khusus tersebut sudah pasti ada di beberapa gerai yang telah melakukan kerjasama bersama kami,” katanya.

Pada KIA tersebut terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sehingga, ketika si anak ingin membuat tabungan di bank atau daftar ke sekolah cukup menggunakan KIA. “Jadi kalau sudah memiliki KIA itu lebih mudah, bikin tabungan, daftar sekolah, sampe bikin paspor cukup pake KIA saja. Jadi fungsinya itu sama seperti KTP pada orang dewasa,” ucap Hudori.

Pembuatan KIA ini merupakan bentuk kepedulian negara terhadap masyarakatnya. Dengan begitu seluruh warga negara dapat terlindungi secara baik, terutama anak-anak. Mulai dari umur nol sampai umur tujuh belas tahun kurang satu hari. (SBS-02)

You might also like
Comments
Loading...