Stasiun Krenceng, Stasiun Kecil Yang Unik Di Kota Cilegon

Cilegon, satubanten.com- Bagi warga Kota Cilegon, terutama di Kecamatan Citangkil pasti tahu Stasiun Krenceng. Stasiun kereta yang kecil namun sangat unik, karena memiliki tiga jalur, dan kesemua jalur tersebut masih aktif hingga hari ini.

Stasiun Kerenceng berada di Kecamatan Citangkil, stasiun ini menjadi titik cabang tiga jalur. Jalur pertama yaitu menuju Pelabuhan Merak untuk kereta penumpang, sedangkan jalur lainnya hanya diperuntukan untuk kereta barang. Jalur kedua yaitu menuju Kawasan Industri Krakatau Steel (KS), yang biasa digunakan untuk mengangkut produk KS seperti Slab, Billet, Coil, dan lainnya. Sedangkan jalur ketiga menuju Cigading yang juga dekat dengan Pelabuhan Cigading, dengan muatan batu bara.

Kereta menggangkut batu bara di Stasiun Cigading. (foto : Anggo Hapsoro)

Dalam beberapa kesempatan tak jarang Stasiun Krenceng mendapati ketiga jalur didatangi tiga kereta yang kesemuanya kearah Jakarta dari masing-masing stasiun asalnya, Merak, Cigading, dan KS. Sehingga untuk melewati Stasiun Krenceng ini tiap-tiap kereta harus antre, dan terkadang membuat jalan raya Cilegon-Anyer mengalami kemacetan.

Hal ini diungkapkan oleh Anggo Hapsoro, pemuda yang tergabung dalam komunitas pecinta kereta, “Stasiun krenceng ini mungkin satu-satunya stasiun kecil yang punya tiga jalur, dan kesemua jalurnya masih aktif, apalagi kalau kebetulan tiga kereta kearah Jakarta dan mengantre di Krenceng, wah itu moment langka” ungkap Anggo. (sbs05)

You might also like
Comments
Loading...