SMPN 1 Panimbang Gelar SARITA “Selasa Berseri Tanpa Anemia”

Serang, (16/10/2018) Satubanten.com – Dalam rangka mencegah anemia atau kurang darah di kalangan remaja putri, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang menggelar Gerakan Minum Tablet Tambah Darah Bersama Remaja Putri di SMPN 1 Panimbang, (16/10/2018).

Kegiatan tersebut dinamakan Selasa Berseri Tanpa Anemia (SARITA) yang merupakan program perbaikan gizi masyarakat yang diadakan oleh pemerintah daerah.

Gerakan minum tablet penambah darah ini memang di khususkan menyasar kepada remaja putri. Karena kaum perempuan biasanya lebih rawan pada usia produktif seperti saat-saat usia Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal tersebut disampaikan oleh seorang bidan sekaligus sebagai petugas kesehatan dari Puskesmas Panimbang Neti Herawati. “Remaja putri itu kan memang lebih rawan ya. Apalagi di usia produktif saat ini, pasti ada saja yang mengalami kelelahan dan kurang darah atau anemia,” ujarnya.

Neti menjelaskan, anemia bisa terjadi akibat siklus haid dan pola asupan gizi yang kurang baik atau tidak memenuhi kebutuhan tubuh. “Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya anemia, seperti siklus haid dan pola asupan gizi dan nutrisi,” katanya.

Menurutnya gejala anemia ini bisa sangat menggangu fokus pada pelajaran dan nantinya akan berpengaruh kepada tingkat kecerdasan anak.

“Anemia itu tidak boleh dianggap enteng, karena dampaknya bisa mempengaruhi kecerdasan si anak. Maka, kami mengadakan kegiatan ini,” ucapnya.Program Minum Tablet Tambah Darah Bersama Remaja Putri ini merupakan program pemerintah Indonesia. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...