SKPD Cilegon Ditekankan Agar Segera Serahkan RUP 2015

Cilegon (22/01/15), Satubanten.com – Asisten Daerah (ASDA) II Pemkot Kota Cilegon menginstruksikan kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang memperoleh program prioritas rencana pembangunan  jangka menengah daerah ( RPJMD) tahun 2015 untuk melaksanakan persiapan tahap awal proses pelaksanaan kegiatan yang utama sebagai langkah pembuatan rencana umum pengadaan (RUP). Hal itu dilakukan, dalam rangka pencapaian target RPJMD sebagaimana visi dan misi pembangunan Kota Cilegon.

Tatang Muftadi selaku Asda II Pemkot Cilegon megatakan hal tersebut disela-sela Rapat Evaluasi Pengendalian Program di ruang Rapat Bagian Pengendalilan Program (dalprog) Setda Kota Cilegon, (21/01).

”Kalau melihat multi player effect, maka kegiatan prioritas terhadap kepentingan masyarakat dan anggaran kegiatan perioritas tahun 2015 sudah dianggarkan melalui APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah) tahun  2015,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (kabag) Dalprog Setda Kota Cilegon Syafrudin mengatakan,bahwa ada dua aturan yang mendasari percepatan penyusunan RUP oleh SKPD, yakni pasal 22 & 25 peraturan Presiden (Perpres) Nomor 70/ 2012 tentang Perubahan Kedua Perpres Nomor 54/2010 tentang Pengadaan barang dan jasa pemerintah, serta peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah ( LKPP) Nomor 13/2012 tentang Pengumuman  rencana Umum Pengadaan Barang dan Jasa pemerintah.

” RUP  menggunakan SIRUP ( Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan )aplikasi yang disediakan LKPP dalam LPSE,” ujarnya.

Lebih lanjut Syafrudin mengungkapkan bahwa pelaksana pengadaan barang/jasa harus diawali dengan menggunakan paket – paket pengadaan dalam aplikasi yang telah disediakan.” Bila RUP belum diumumkan, maka paket tersebut tidak bisa dilelang, karena setiap tender membutuhkan kode RUP,” Katanya.

Dijelaskan Syafrudin, berdasarkan  data yang sudah masuk dalam aplikasi, baru ada 13 dari 38 SKPD yang telah menyerahkan dokumen RUP. (B14)

You might also like
Comments
Loading...