Sistem Aplikasi Bursa Kerja Online, Ayo Kita Kerja, Belum Optimal

Tangerang (25/06/2019) Satubanten.com,- Membludaknya jumlah pencari kerja di Kabupaten Tangerang, Selasa (25/09). Membuat dinas tenaga kerja Kabupaten Tangerang melakukan terobosan dengan membuat aplikasi bursa tenaga kerja online (BKOL), pada tahun anggaran 2018 Dinas tenaga kerja, bersama Dinas Infokom membuka secara resmi aplikasi bursa tenaga kerja online ( BKOL).

Namun didalam perjalanannya, aplikasi BKOL kurang optimal karena didalam aplikasi BKOL tersebut hanya ada tiga kriteria yang bisa diakses, Ketiga kriteria wibsite BKOL adalah AK 1 atau kartu pencari kerja, AK 2 minat dan kompetemsi AK3 lowongan kerja.

Kabid penempatan tenaga kerja Disnaker Kabupaten Tangerang Tipna furmana mengatakan, pada tahun 2018 Disnaker secara resmi membuka aplikasi webisite bursa tenaga kerja online ( BKOL), namun pada awal tahun 2019 ada aturan dari kementrian tenaga kerja bahwa seluruh dinas tenaga kerja se Indonesia harus mengakses website situs ayo kerja yang diluncurkan oleh kementrian tenaga kerja, namun karena server situs ayo kita kerja dipakai oleh seluruh indonesia, banyak kendala yang terjadi diantaranya adalah sulitnya mengakses dengan internet.

“Secara sistem webisite Kementeian tenaga kerja ayo kita kerja lengkap, dari mulai AK 1 sampai AK5, ada semua, hanya saja dari sistem kecepatan pelayanan lambat sekali,” terangnya.

Tifna purmana menambahkan, lambatnya sistem aplikasi ayo kita kerja, karena satu server melayani Disnaker se Indonesia, Disnaker Kabupaten Tangerang sempat meminta izin agar server cuma ketika disnaker kab tangerang minta izin agar aistem aplikasi yok kita kerja bisa dipadukan dengan aplikasi Disnaker Kabupaten Tangerang bursa tenaga kerja online ( BKOL) Kemenaker belum memberikan izin.

“Makanya saat ini bagi pencaker yang ingin membuat kartu kuning AK1, harus mendaftar secara online, namun pencetakannya bisa di kantor Disnaker Kabupaten Tangerang,” tandasnya. (SBS/09)

You might also like
Comments
Loading...