Sebelum Datang Ke Cilegon Job Fair 2019, Berikut Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

Cilegon (25/06/2019), Satubanten.com – Cilegon Job Fair yang akan diselenggarakan pada tanggal 25-26 Juni 2019 menarik minat para pencari kerja baik dari Cilegon maupun dari luar Kota Cilegon. Pendaftaran on line sudah mulai dibuka sejak  Kamis (20/06) melalui situs http://cilegonjobfair2019.co.id hingga tanggal 25 Juni. Namun hingga saat ini masih banyak keluhan dari para pencari kerja yang belum bisa mengakses situs pendaftaran.

“Kayanya jumlah pendaftaran per harinya dibatasi ya? Dua hari aku coba dari jam 12 sampai jam 2 enggak bisa terus. Sudah coba tiap jam tetap saja nggak bisa,” kata Inda Sulfiana.

Beberapa pencari kerja yang sudah bisa melakukan pendaftaran juga masih mempertanyakan beberapa hal terkait teknis saat pelaksanaan Job Fair. Beberapa yang menjadi permasalahan antara lain terkait penggunaan SKCK, Dokumen surat lamaran, CV dan Ijazah.

Dalam situs tersebut, sebetulnya sudah ada informasi tentang persyaratan Cilegon Job Fair 2019 tersebut. Yang paling utama dari Cilegon Job Fair 2019 ini adalah bahwa Tidak ada pungutan biaya dalam gelaran tersebut. Selain itu ketentuan yang perlu diperhatikan tersebut antara lain :

1. Pencari kerja wajib melakukan print barqode bukti registrasi sebagai bukti pendaftaran dan dibawa untuk bukti kehadiran.
2. Pencari kerja wajib membawa kartu AK.1 (kartu Kuning)
3. Membawa berkas lamaran secukupnya terdiri dari :

  • CV/daftar riwayat hidup (Menampilkan Pas Foto)
  • Ijazah Terakhir
  • Transkip Nilai
  • Sertifikat Pelatihan/Kursus
  • Surat pengalaman kerja (Bila ada)

4. Panitia tidak melayani pendaftaran secara manual di lokasi job fair.

5. Peserta Wajib mematuhi semua peraturan panitia yang berlaku, aturan tersebut adalah :

  • a. Wajib menggunakan pakaian rapih :
    • Pria harus menggunakan kemeja polos dan celana bahan.
    • Wanita harus menggunakan kemeja/blazer dan rok/celana bahan.
  • b. Dilarang membawa senjata api dan tajam,minumam beralkohol, bahan peledak yang menggangu kelangsungan acara.
  • c. Berprilaku sopan dengan panitia dan peserta pencari kerja lainnya.
  • d. Menjaga ketertiban dan keamanan selama acara berlangsung.
  • e. Pelanggaran point 5b akan diserahkan kepada pihak berwajib.

6. Pencari kerja wajib datang ke lokasi Job Fair (tidak boleh diwakilkan)

BACA JUGA : Sempat Ditunda Beberapa Hari, Pendaftar Cilegon Job Fair Keluhkan Kuota Penuh

Pertanyaan – Pertanyaan Seputar Cilegon Job Fair

Dari keterangan tersebut rupanya masih banyak pertanyaan yang muncul dari para pencari kerja. Pertanyaan tersebut antara lain :

“Aku sudah daftar, sudah dapat konfirmasi email namun belum sempet print. Gimana caranya bisa print apakah harus resistrasi lagi?” tanya Eli.

Udah Daftar Jika Belum Print Gimana?

Tidak perlu melakukan proses daftar ualang. Cukup cek dengan memasukkan nomer KTP melalui tombol Cetak Regitrasi.

 

 

“Pakai surat lamaran nggak ? apa cuma pakai CV aja?” tanya Albukhori.

Perlukah Surat Lamaran atau CV saja?
Untuk pertanyaan ini sebetulnya sudah diterangkan dalam keterangan di atas bahwa pelamar membawa berkas secukupnya dan tidak ada keterangan surat lamaran. Hal ini karena secara umum perusahaan sudah tahu bahwa pencari kerja akan melamar di perusahaan tersebut. Secara teknis, jika membuat surat lamaran berarti akan sangat banyak sekali surat lamaran yang dibuat.

Di daftar tersebut hanya dicantumkan CV/Daftar Riwayat Hidup. Maka yang perlu dibawa adalah CV tanpa surat lamaran.

CV / Daftar Riwayat Hidup sebaiknya diketik agar lebih rapih dan mudah dibaca oleh vendor/perusahaan yang akan dituju.

“Pak mau tanya, harus bawa SKCK ngga sih?” tanya Lina.

Perlukah membawa SKCK ?

Dalam keterangan diatas, tidak tertera keterangan untuk membawa SKCK. Maka tidak perlu membawa SKCK, hanya membawa kartu AK.1 (kartu Kuning). Beserta dokumen yang telah tertera.

“Bapak mau tanya, apakah perlu membawa pas foto ? ” tanya Noviyana.

Apakah perlu membawa foto ?

Dalam keterangan diatas tercantum lampiran “CV/daftar riwayat hidup (Menampilkan Pas Foto)”. Ini dapat dipahami dengan, dalam ketikan CV terdapat foto diri. Jadi foto tidak berdiri sendiri, tapi dalam satu dokumen CV.

“Nanti disana ngapain aja sih emang? Langsung interview gitu ya atau apa?,” tanya Arief Fahid.

Di Job Fair Ngapain aja?

Hal yang akan dilakukan di Job Fair adalah, peserta akan mendaftar di salah satu perusahaan dengan cara menyerahkan dokumen berkas lamaran yang sudah di sampaikan oleh panitia yakni CV, Ijazah, Transkrip Nilai, Sertifikat Pelatihan, Surat pengalaman kerja. Tidak ada interview dari perusahaan, karena nanti dari CV akan disaring lebih lanjut dan diinformasikan hasilnya melalui email yang kita cantumkan di CV.

Hal ini dilakukan karena Interview saat Job Fair akan sangat tidak efisien dan tidak maksimal. Jadi secara umum tidak ada interview, kecuali jika ada perusahaan yang menerapkan kebijakan untuk interview di lokasi.

Peserta juga bisa bertanya lebih lanjut tentang perusahaan tersebut, tentang posisi yang dituju dalam perusahaan tersebut atau jenjang karir dan lain sebagainya.

Ada banyak pertanyaan yang sebetulnya sudah ditanyakan hanya saja dipertanyakan kembali. Beberapa juga sudah jelas dalam keterangan namun dipertanyakan kembali. untuk itu melalui situs media sosialnya panitia Cilegon Job Fair 2019 menyampaiakan agar peserta tetap teliti.

“Tertulis: Berkas lamaran secukupnya terdidir dari. Berarti bawa surat lamaran dan bawa dokumen pendukung sesuai yg diminta. Jangan bawa dokumen yg gak diminta sama mimin, kan sayang uang nya mubazir aja. Selain liat gambar, rekanaker baca juga keterangan dibawahnya.”

(IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...