Sebarkan Nasionalisme, ICMI Banten Gelar Nobar Film Perjuangan

Serang (09/12/2018), SatuBanten News – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Banten menggelar acara nonton bareng film ‘Moonrise Over Egypt” bersama pemuda dan mahasiswa. Kegiatan ini digelar untuk memberikan edukasi dan cinta tanah air kepada masyarakat tentang nilai-nilai perjuangan dan patriotisme.

“Kami berharap mahasiswa dan pemuda bisa menghargai nilai-nilai perjuangan yang ada di Indonesia dan mengetahui jalan sejarah bangsa,” kata Ketua Divisi Pemuda ICMI Banten, Arif Kirdiat, Sabtu (8/12/2018) malam.

Arif mengatakan, film ini bercerita perjuangan diplomasi Indonesia saat paska kemerdekaan ditengah Konfrontasi dan agresi militer Belanda tahun 1947.

“Kami ingin membangkitkan inspirasi anak muda terhadap nilai-nilai nasionalisme,” ujarnya.

Kegiatan nonton bareng digelar di Grounded Coffee Kota Serang, yang diikuti perwakilan mahasiswa dan pemuda dari berbagai kampus di Kota Serang.

Sementara itu, DR Abdul Malik Dekan Fisip Universitas Serang Raya yang tampil sebagai pembedah film mengatakan bahwa dibalik kekurangan dari tayangan film ini, masyarakat harus paham bahwa perjuangan warga Indonesia di luar negeri sangat luar biasa, khususnya warga Indonesia di Mesir.

“Mesir dan Indonesia merupakan saudara seiman yang saling mendukung sejak dahulu mulai dari Kyai Nawawi Tanara hingga Brigjen Syam’un yang memang memiliki semangat belajar dan berjuang di luar negeri,” ungkap Malik.

Dilain pihak, Rg Kedung Kaban selaku pemerhati film, mengatakan bahwa film ini sudah berusaha menunjukkan keseriusan untuk mengangkat kisah perjuangan bangsa yang memang masih sangat minim.

“Kita harus apresiasi bahwa masih ada orang-orang yang mau menggali dan menyebarkan sejarah bangsa yang mulai pudar,” ujar Igun saapan akrab Kedung Kaban menutup wawancara. (Wulan/SBS)

You might also like
Comments
Loading...