Sate Bandeng Masih Menjadi Primadona Warga Kota Serang

Serang, (05/09/2018) Satubanten.com – Jika berkunjung ke Provinsi Banten, khususnya kota Serang, makanan yang tidak pernah ketinggalan untuk di coba yaitu, sate bandeng yang khas dari Banten.

Pada umumnya, sate terbuat dari daging ayam, sapi, kikil, atau kerbau yang bentuknya pun berupa potongan kecil-kecil dan disiram kecap cabai atau bumbu kacang kental.

Lain dengan sate bandeng Khas Banten ini, karena berbeda dari sate kebanyakan selain berbahan dasar ikan bandeng, bentuknya pun tidak kecil-kecil karena terdiri dari campuran daging ikan bandeng yang sudah dihaluskan dan bumbu rempah yang khas dari cita rasanya.

Apabila ingin berburu sate bandeng bisa datang langsung dari jalan Penancangan rel kereta api sampai dengan jalan sebelum memasuki gerbang tol Serang Timur, disepanjang jalan tersebut banyak toko oleh-oleh khas Banten yang menjual sate bandeng.

H. Kholil salah satu pemilik toko oleh-oleh khas Banten yang sudah berjualan lebih dari 13 tahun mengatakan jika ia membuat sate bandeng bersama istrinya, dengan resep turun temurun dari kedua orang tuanya dahulu.

“Saya bikin sendiri ini sate bandeng nya dirumah, dan dari rumah baru di kirim ke toko. Selain resepnya yang turun-temurun dari orangtua saya, usaha ini juga kebetulan ini usaha keluarga juga,” ujarnya.

Selain menjadi makanan khas dari Banten Kholil mengatakan sate bandeng juga masih banyak diminati bagi masyarakat Banten sendiri, hal ini terbukti dari rata-rata pembeli tidak hanya dari orang luar kota saja, ada juga pembeli asli orang Serang.

“Banyak juga sih yang sengaja beli untuk acara keluarga, arisan dan untuk di jual kembali. Sate bandeng yang saya buat memiliki rasa pedas dan original jadi dari mulai anak-anak hingga pecinta pedas bisa menikmatinya,”tutupnya. (Sbs/UL)

You might also like
Comments
Loading...