Sambut Tahun Baru Islam 1441 H, Bakal Hadir Festival Al-Azhom di Tangerang

Tangerang (23/8/2019) Satubanten.com – Dalam upaya menurunkan angka kelahiran atau total fertility rate sesuai target, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menggelar pelayanan KB gratis. Pelayanan untuk masyarakat ini, digelar di sejumlah Puskesmas kecamatan.

Pelayanan KB gratis berupa pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang berupa implant dan IUD. Kepala Bidang Perempuan dan Anak DP3AP2KB, Irna Ruidiana, mengatakan, dengan melakukan pelayanan KB gratis, masyarakat dapat terbantu dan kepesertaan ber-KB akan meningkat dan diharapkan target yang telah ditetapkan akan tercapai.

“Kepesertaan ber-KB untuk kaum perempuan maupun pria di Kota Tangerang terus ditingkatkan. Meskipun, pada kenyataannya minat kaum pria untuk ber-KB melalui vasektomi masih rendah,” ungkap Irna.

Kondisi tersebut bukanlah kurangnya sosialisasi. Namun, persepsi yang salah di masyarakat bahwa melakukan Metode Operasi Pria (MOP) kejantanan pria tidak akan berfungsi. Serta kekhawatiran istri, suaminya akan berselingkuh.

“Hal-hal inilah yang harus diluruskan dan diberikan pemahanan kepada masyarakat. Maka, seluruh instansi yang terkait harus bekerja keras lebih lagi,” katanya.

Secara bertahap, pelayanan KB gratis ini akan dilanjutkan di seluruh Puskesmas kecamatan secara bergilir. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...