Sambut Ramadhan, Peziarah Datangi Makam Keluarga

Tangerang (5/05/2019) Satubanten.com,- Menyambut Bulan Suci Ramadhan warga peziarah di Kabupaten Tangerang sudah terlihat mendatangi titik-titik area pemakaman. Ritual berziarah atau nyekar ke pemakaman keluarga serta kerabat telah menjadi suatu budaya.

Seperti aktivitas nyekar yang terpantau di‎ area TPU Semboja, Desa Cikasungka, Kecamatan Solear. Meski belum signifikan tapi gelombang kedatangan warga untuk nyekar mulai terlihat.

“Kemarin hari Sabtu juga banyak para peziarah, tapi Puncaknya hari ini karena, besok sudah puasa,” kata Ketua TPU Semboja Ujang Ahad, (5/5/2019).

Ia mengakui, pada dua hari akhir pekan kemarin cukup banyak warga peziarah berdatangan. Mayoritas peziarah berasal dari kalangan karyawan y‎ang libur dari tugas kesehariannya.

Sementara itu, warga perumahan bukit cikasungka Suci menerangkan dirinya setiap tahun tak melupakan ritual nyekar. Ia bersama keluarganya tampak khusyu membaca surat yasin serta memanjatkan doa di pusara makam kerabat dan sanak saudaranya.

“Biar afdol sebelum menjalankan ibadah Ramadhan saya nyekar. Ritual ini juga punya pesan kita mengingat kematian, karena setiap umat pasti akan menghadap Allah‎ SWT,” terangnya.

Hal yang sama juga terlihat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cinanggung. Puluhan makam terlihat ramai dikunjungi oleh sanak keluarga. Solihin (34) salah satu warga Pasir Indah mengatakan, ia dan keluarganya sengaja datang untuk berdoa sebelum puasa. “Biasanya memang kalau mau masuk puasa kita sekeluarga ziarah kubur,” ujar pria paruh baya ini.(SBS009)

You might also like
Comments
Loading...