RSU Banten Akan Kembali Layani Pasien BPJS dan SKTM Mulai Juli

SERANG, Satubanten.com — Rumah Sakit Umum Daerah (RSU) Banten direncanakan kembali melayani pasien umum mulai bulan Juli mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti, Senin (29/06).

Saat ini RSU Banten masih menjadi salah satu rumah sakit rujukan bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19, selain yang positif kategori OTG. Namun seiring dengan menurunnya jumlah pasien baru yang terkonfirmasi positif maka RSU Banten kembali dipersiapkan untuk melayani pasien umum.

Proses persiapannya menurut Ati hingga saat ini masih berjalan. Pihaknya mengatakan saat ini akan dilakukan pemisahan ruang perawatan dan UGD Covid-19 dengan pasien umum. Dengan demikian jumlah tempat tidurbagi pasien Covid-19 jumlahnya berkurang sekitar 150 unit dari jumlah semula, yakni menjadi hanya 100 unit saja.

“Tentunya mempersiapkan terlebih dahulu mensekat sekat mana nanti UGD Covid mana UGD untuk pasien umum. Terkait kapan berakhir (RSUB) untuk melaksanakan kegiatan pusat rujukan Covid-19 batas akhir persiapan 25 Juli,” kata Ati.

Ati mengatakan bahwa setelah proses persiapan selesai yakni pada tanggal 16 Juli, RSU Banten akan siap untuk kembali melayani pasien umum. PAsien yang menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan pasien BPJS Kesehatan akan kembali dilayani seperti sebelumnya.

“Pasien SKTM yang memerlukan penanganan operasi atau penanganan persalinan dan cuci darah sudah bisa kita layani tanggal 26 Juli,” pungkasnya.

Hingga Senin (29/06) jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Banten mencapai 1.286 orang. Dari jumlah tersebut 311 masih dirawat sedangkan 889 orang telah dinyatakan sembuh dan 86 orang dinyatakan meninggal dunia. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...