Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Rini Soemarno Targetkan Pembangunan Tol Trans Sumatra Selesai Awal 2019

Merak, 29 Agustus 2018

Menteri BUMN bersama dengan direksi meninjau langsung progres pembangunan Tol Trans Sumatra melalui Ekpedisi Tembus Tol Trans Sumatra.Dibangun sejak Quartal pertama tahun 2015 melalui intruksi Presiden Joko Widodo. Ditargetkan selesai awal 2019.

Satubanten.com– Untuk meninjau progres pembangun jalan Tol Trans Sumatra, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan ekpedisi yang bertajuk “Ekpedisi Tembus Tol Trans Sumatra”. Ekpedisi tersebut resmi dibuka pada hari Rabu (29/8) pagi pukul 7.30 WIB di Dermaga 6 Pelabuhan Merak, Banten. Dengan menunggangi kapal KMP Porlink III, rombongan diperkirakan akan sampai di pelabuhan Bakaheuni pukul 09.00 WIB.

Sesampainya di Sumatra, Menteri BUMN bersama dengan beberapa dewan direksi BUMN, akan meninjau pembangunan jalan Tol Trans Sumatra yang melintas antara lain ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km, Terbanggi Besar-Kayu Agung 189 km, dan Palembang – Indralaya sepanjang 22 km. Rini mengatakan bahwa proyek yang telah lama digagas ini baru bisa dikerjakan oleh BUMN setelah Presiden Jokowi menugaskan BUMN agar diselesaikan permulaan 2019.

“Karena sebetulnya jalan tol trans Sumatra itu prosesnya panjang. Sudah bertahun – tahun ditenderkan namun tidak ada yang mau membangun, akhirnya di pemerintahan Bapak Joko Widodo menugaskan BUMN untuk membangun jalan Trans Sumatra yang waktu itu kita mulai di akhir quartal pertama tahun 2015,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Rini juga mengatakan bahwa dirinya berharap pembangunan jalan Tol tersebut pada permulaan 2019 sudah selesai. Sehingga nanti Bakaheuni hingga Palembang yang jaraknya membentang sejauh 460 Km dapat terhubung dengan baik. Untuk menunjang operasional Jaln Tol Trans Sumatra tersebut, Rini juga mengungkapkan bahwa pihak BUMN juga tengah membangun terminal yang direncanakan sebaik terminal di Hongkong. Terminal ini juga ditargetkan selesai sebelum akhir tahun 2018.

“Dari Terminal ini, kita harapkan banyak sekali nanti yang akan menggunakan kendaraannya ke Sumatra. Jadi masyarakat dengan mobil – mobilnya sendiri mau menyeberang. Tujuan saya memang, berharap nanti mobil – mobil bapak – bapak semua juga mau lewat jalan Tol Sumatra ini, supaya Tol kita yang di Sumatra juga laku,” tuturnya.

Hingga saat ini proses pembangungan Tol Trans Sumatra ini telah mencapai 86,02% di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, ruang Terbanggi Besar-Kayu Agung 73%, dan untuk ruas dan Palembang – Indralaya 95,46%. Oleh karena itu Menteri BUMN merasa perlu untuk mengecek sendri ke lapangan, bagaimana kondisi pembangunannya.

Selain Menteri BUMN Rini Soemarno, rombongan yang ikut dalam ekspedisi tersebut antara lain Deputi Bidang Jasa Keuangan, Survei dan Konsultan Gatot Trihargo dan Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Aloysius Kiik Ro, Staf Khusus III Wianda Pusponegoro, Direktur Utama (Dirut) Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra, Dirut Hutama Karya Bintang Perbowo, Dirut BNI Achmad Baiquni, Dirut Mandiri Kartika Wirjoatmadja, Dirut BTN Maryono, Dirut Adhi Karya Budi Harto, Dirut PTPP Lukman Hidayat, Dirut PPI Agus Andiyani, serta Direksi lainnya dari Telkom, Wijaya Karya, Adhi Karya serta Pertamina. (IBC/SBS32)

You might also like
Comments
Loading...