Rina Noviani : Cukup Seratus Ribu, Ilmu Membatik Bisa Dikuasai

Tangerang (26/09/2019) Satubanten.com,- Sebagai salah satu upaya menumbuhkan gairah budaya batik di Kota Tangerang. Rina Noviani, warga Panunggangan Utara, Kota Tangerang tak sekadar memproduksi kain batik dan sejumlah produk berbahan batik.

Terletak di Kampung Sawah Dalam, Jalan Tripraja No 67, RW 04, Kelurahan Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. Rina pun menawarkan program belajar membatik yang dapat diikuti untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Rina Noviani sebagai pendiri rumah batik yang kini ia berinama Batik Tulis by Reenah Malkia, sudah berdiri sejak Agustus 2018. Ia menuturkan bagi siapa pun yang ingin mengunjungi rumah batiknya untuk belajar membatik hanya membayar Rp100 ribu untuk satu kali pertemuannya.

“Semua fasilitas dan perlengkapan tersedia bagi mereka yang ingin belajar. Mulai dari kain, pewarnaan hingga produksi pengolahan kain batik. Satu kali belajar mereka mendapat pendidikan selama lima jam,” ungkap Rina, Kamis (26/9/2019)

Kata Rina, satu kali pertemuan peserta akan dilatih jiblak motif, mencanting, fiksasi hingga lorod. Sedangkan produksi olahan kain batik, mulai dari syal, pouch, totebag, dompet hingga busana.

“Peserta yang belajar kesini banyak dari swasta dan kampus-kampus. Kalau hari libur kebanyakan anak-anak yang belajar membatik,” katanya.

Tak sekadar membuka kelas membatik, Rina juga rutin memasarkan produk-produk batiknya melalui media sosial. Tak jarang, Rina pun mengikuti berbagai pameran di Kota Tangerang hingga luar daerah. (SBS/009)

You might also like
Comments
Loading...