Ridwan Lesmana ST : Dari Montir Jadi Guru SMK Otomotif

Serang, Satubanten.com – Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Dalam hal ini, proses pendidikan berlaku untuk seorang Ridwan Lesmana,ST. Alumni SMK Negeri 5 Kota Serang, kisah hidup yang dimulai sejak masa SMK, pagi bersekolah dan siangnya selepas sekolah bekerja membuka usaha bengkel dan tambal ban agar bisa membiayai sekolahnya sendiri tanpa membebani orang tuanya.

Selepas lulus sekolah, dia mencoba peruntungan untuk bekerja di pabrik tapi itu tidak bertahan lama, hanya beberapa bulan saja. Kemudian ada program magang sebagai toolman di SMKN 5 Kota serang, yang ditawarkan oleh Ketua Kompetensi keahlian Kurnia Dwi Priyadi, S.Pd dan tawaran itu disambut baik oleh Ridwan, sehingga dia bisa magang sebagai guru dan toolman.

 

Proses belajar Ridwan tidak selesai sampai disitu, ada motivasi untuk belajar lagi. Maka pada tahun 2015 dirinya mengambil kuliah di Universitas Banten Jaya ( UNBAJA) jurusan Teknik industri. Untuk menambah kompetensi keahliannya dalam bidang Teknik dan ketrampilan.

“Ridwan ini merupakan salah satu siswa terbaik diangkatannya dalam bidang teknik sepeda motor,” ujar Kurnia Dwi Priyadi sang mentor.

Kurnia melanjutkan bahwa keinginan belajar yang kuat dimiliki oleh Ridwan.

“Sejak sekolah bakat dan talenta Ridwan sudah terlihat,” ujarnya,

Sementara itu, Ridwan mengakui bahwa dirinya menyadari harus ada perubahan agar bisa menjadikan hidupnya bermakna.

“Alhamdulilah, setelah berjuang kuliah sambil kerja di SMKN 5 Kota Serang, saya akhirnya lulus dan diwisuda juga tahun ini 2021,” kata Ridwan Lesmana kepada SatuBanten.

Setelah menyelesaikan gelar sarjana, akhirnya Ridwan resmi menjadi guru yang mendapat NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Karena salah satu syarat di Undang undang Guru dan Dosen adalah, Guru minimal harus bergelar Sarjana.

“Alhamdulilah akhirnya saya bisa mengabdi di almamater saya sendiri,” ungkap Ridwan.

Berkat kerja keras dan kegigihannya akhirnya Ridwan bisa menjadi Guru SMK Otomotif dengan gelar Sarjana Teknik. (SBS/009)

You might also like
Comments
Loading...