Ribuan Ruang Kelas di Banten Kondisinya Rusak Parah

Serang (20/1/2014), SatuBanten – Keinginan ribuan siswa di Banten untuk dapat mengenyam pendidikan yang memadai masih suram. Hal ini terlihat dari banyaknya ruangan kelas yang rusak, mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA sederajat di provinsi yang dipimpin oleh ‘Si Doel Anak Sekolahan’.

Data dari Dinas Pendidikan Provinsi Banten, saat ini terdapat 36.065 ruang kelas Sekolah Dasar (SD) dan sebanyak 3.013 ruang kelas rusak parah dan 17.459 ruang kelas rusak ringan.

“Paling banyak ruang kelas yang rusak di Banten Selatan, seperti Kabupaten Lebak, Pandeglang dan sebagian di Kabupaten Serang,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Banten, Teddy Rukman, Selasa (20/1/2015).

Sedangkan untuk SMP, dari total 11.389 ruang kelas hampir setengahnya mengalami kerusakan. Ada 821 ruang kelas mengalami kerusakan berat dan rusak ringan sebanyak 4.584, sementara 5.993 masih dalam kondisi baik.

Sementara untuk tingkat SMA dan SMK, dari total ruang kelas sebanyak 8.384, sekitar 219 ruang kelas mengalami kerusakan cukup berat.

Menurut Tedi, anggaran bantuan dari pusat disalurkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), yang alokasinya bisa diperuntukan bagi rehabilitasi fisik ruang kelas saja sementara padahal dana perbaikan sebenarnya bisa mengajukan ke provinsi dan juga ke pusat, tapi kewenangan pelaksananya ada di kota dan kabupaten.

Dihubungi terpisah, Arif Kirdiat selaku kordinator Relawan Kampung mengatakan bahwa selain ruang kelas SD,SMP dan SMA juga banyak ruang kelas Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah yang kondisinya lebih buruk karena hanya beralas tanah dan berdinding bambu serta beratap rumbia.

“Untuk sekolah yang berada di bawah Departemen Agama seperti madrasah, kewenangan dan perhatian untuk perbaikannya ada pada Kementrian Agama namun juga perlu diperhatikan,” ujar Arif. (Ahmad/BSB/B01)

You might also like
Comments
Loading...