Ribuan Kayu Sitaan Bernilai Ratusan Juta Padati Rupbasan Kelas I Kota Serang

Serang (27/6/2019), Satubanten.com –  Kayu jati bernilai ratusan juta tiba dengan menggunakan  truck trailer ke Polres Serang. Kayu-kayu ini merupakan benda sitaan perkara pencurian. Kayu Jati ini kemudian diserahkan ke Rupbasan klas II Serang.

Kayu jati sitaan tersebut terdiri dari berbagai bentuk, ada yang berupa kayu balok, kaso dan reng yang merupakan bekas konstruksi gudang. Namun, walaupun kayu jati ini bekas, kualitas kayunya mempunyai nilai yang sangat tinggi.

“Status kewenangan Benda sitaan kayu jati ini masih pada penyidik Polisi, namun saat ini baru proses pelimpahan ke penuntut umum untuk masuk tahap kedua,” ungkap Romi Adiratna selaku petugas Penyidik Polres Serang yang ditugasi mengantarkan barang ke Rupbasan.

sebelum menerima penitipan benda siatan tersebut, Petugas pengelolaan benda sitaan dan barang rampasan Rupbasan Serang telah memeriksa terlebih dahulu berkas persyaratan administrasi. Hal ini dilakukan sebagai kelengkapan persyaratan penyimpanan benda sitaan di Rupbasan.

“Disamping itu harus ada surat pengantar dari pihak yang berwenang untuk penyimpanan benda sitaan di Rupbasan. Harus dilengkapi surat perintah penyitaan juga dan surat penetapan dari Pengadilan Negeri. Setelah itu barang akan di cek fisik untuk dilaksanakan proses serah terima antara Rupbasan dengan pihak yang menyimpan,” tutur Aep Saefudin salah seorang petugas pengelolaan Rupbasan kelas II Serang.

Setelah barang diterima, benda sitaan berupa kayu jati tersebut ditempatkan di gudang umum tertutup yang selanjutnya menjadi kewajiban pihak Rupbasan selaku penanggujawab fisik benda sitaan untuk menjaga keamanan dan keselamatan sehingga kualitas dan kuantitas barang relatif dapat terjaga dan nilai asetnya dapat semaksimal mungkin dipertahankan. (IBC/SBS032/rls)

You might also like
Comments
Loading...