Rayakan HUT RI, BI Banten Gelar Donor Darah Bersama PMI Kabupaten Serang

Serang, (17/08/2018) Satubanten.com – Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia Bank Indonesia bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Serang mengadakan acara donor darah di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten, Jl. Raya Serang-Pandeglang KM. 7, Sukajaya, Curug, Kota Serang.

Sebanyak 100 lebih pendonor yang merupakan perwakilan dari setiap bank di Kota Serang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Bank Indonesia mengundang 5 orang perwakilan dari seluruh bank yang ada di Kota Serang.

Staff donor PMI Kabupaten Serang, Dara Sesa mengatakan, jika paling banyak darah yang terkumpul adalah golongan darah O.

“Paling banyak golongan darah O, dari golongan darah lainnya. Dan yang paling jarang itu golongan darah AB,” ucapnya. Rincian darah tersebut diantaranya, untuk golongan darah A ada sebanyak 27 kantong, golongan darah B 33 kantong, golongan darah AB 10 kantong, dan golongan darah O sebanyak 35 kantong.

Semua kantong darah tersebut akan di bawa ke kantor PMI Kabupaten Serang sebagai persediaan. “Biasanya pasien dateng ke PMI sambil bawa surat dari rumah sakit untuk meminta darah ke kami. Jadi ini nanti dibawa ke PMI untuk stok persediaan,” kata Dara.

Dia juga menyampaikan, jika ada sekitar 10 orang yang ditolak untuk mendonorkan darahnya akibat Hemoglobin (HB) yang terlalu rendah. “Minimal HB itu 12,5 dan maksimal 17 untuk yang akan mendonor. Tadi ada sekitar 10 orang yang ditolak karena HB nya rendah,” ujarnya.

Untuk golongan darah yang paling dicari, menurut Dara adalah golongan darah O dan yang paling jarang adalah golongan darah AB. “Golongan darah O itu paling banyak di dapet dan paling banyak juga dicari. Kalo AB itu bisa dibilang langka, karena jarang,” jelasnya.

Sementara untuk daya tahan darah, apabila disimpan sesuai suhu bisa bertahan hingga 35 hari. Sedangkan jika diluar suhu 2 derajat hanya bisa bertahan sekitar 4 jam, tambah nya. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...