Puskesmas UPI Serang Sambangi Sekolah Dasar di Lebak, Begini Keseruanya

Lebak (09/11/2019) SatuBanten. News – Bakti pendidikan pusat kesehatan matematika sekolah (Puskesmas) yang didirikan oleh Dr. Supriadi, M.Pd. bersama rekan-rekan seprofesi sebagai dosen lainnya Budhi Trisyanto, M. Pd dan Firman Robiansyah, M.Pd. melakukan pengabdian melalui pelatihan pembelajaran Etnomatematika sunda bagi seluruh guru SD. Kegiatan yang dilakukan di SDN 1 Banjaririgasi, Kecamatan Lebak Gedong, kab Lebak. Sabtu, (09/11).

Acara yang berlangsung tidak lebih dari pukul 13.00 s.d selesai ini berjalan dengan lancar dan meriah karena antusias para guru ketika mempraktekkan alat peraga yang sudah disiapkan oleh panitia.

Kegiatan pertama yaitu penyampaian materi dari Supriadi tentang penerapan permainan engklek dam pembelajaran matematika dilanjutkan dengan pengaruh permainan engklek dalam segi kesehatan jasmani yang disampaikan oleh Budhi Trisyanto.

Selain penyampaian materi, untuk menambah semangat peserta para pemateri juga menyelipkan sedikit games untuk mencairkan suasana.

Kepala Sekolah SDN 1 Banjaririgasi, Luna Starlinsky, S.Pd.SD. memberikan apresiasi kepada Supriadi, karena telah berbagi pengalaman serta ilmunya untuk guru-guru. “Saya sangat salut ya sama pak Supri karena beliau mampu mengembangkan puskesmas bukan hanya dilaksanakan di alun-alun kota Serang saja tapi sampai datang langsung ke sekolah,” ujarnya saat diwawancarai ekslusif oleh wartawan SatuBanten. News

Ia juga mengatakan bahwa acara tersebut begitu membantu dalam membekali guru untuk mengajarkan matematika kepada anak-anak.

“Biasanya anak-anak takut kalau belajar matematika dan harus berfikir susah-susah tapi dengan adanya inovasi belajar ini anak-anak jadi bersemangat dalam belajar karena bisa sambil bermain ditambah juga tidak hanya didalam ruangan tapi juga di luar ruangan. Jadi tidak terasa kalau bermain sambil belajar, walaupun di sekolah kami belum sepenuhnya menerapkan karena disesuaikan dengan materi,” pungkasnya

Ia berharap semoga dengan diadakannya inovasi ini anak-anak lebih bersemangat dalam belajar matematika dan membantu para guru untuk lebih berfikir kreatif.

Dalam kesempatan yang sama Erositi Munawaroh salah satu guru kelas 6 mengatakan acara ini sangat menyenangkan. “Malah dengan adanya inovasi ini membuat anak-anak ketagihan untuk belajar matematika, walaupun kendalanya dikelas saya muridnya banyak jadi kurang kondusif,” ujarnya

Supriadi memberikan sedikit pesannya “Semoga program pengabdian puskesmas go to school ini bisa meningkatkan semangat guru dalam mendidik siswa yang cinta budaya lokal melalui matematika” tutupnya

Untuk informasi kegiatan ini dibantu oleh 2 orang mahasiswa dan dihadiri sebanyak 30 guru-guru dari 13 SD se kecamatan Lebak Gedong. Sudah lebih dari 1.000 guru mengikuti program Puskesmas Go To School ditambah dengan hari ini.  (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...