Puluhan Ribu Manggis Bojong Pandeglang Siap Diekspor Ke Tiongkok

Pandeglang (23/1/2019) Satubanten.com – Sebanyak 93,396 ton manggis dari Kecamatan Bojong yakni dari Desa Mekarsari Kelompok Tani Mekar Rahayu 2 sebanyak 27,771 ton dan Desa Bojong Kelompok Tani Barokah 65,625 siap dieksport ke China.

Hal ini terungkap saat Dirjen Hortikultura Dr. Suwandi melepas ekspor produk hortikultura manggis Pandeglang, Rabu (23/1) di Desa Bojong di Kampung Awi Tali.

Selain untuk ekspor, Kelompok Tani (Poktan) dari beberapa Kecamatan penghasil manggis lainnya juga memasok untuk pasar regional sebanyak 714, 576 ton yang akan dikirim ke Jakarta, Bogor Tangerang.

Dalam rilis tertulis Humas Pandeglang, Disebutkan Kelompok Tani yang memasok adalah Kelompok Tani Ciranggon Jaya Desa Kondang Jaya Kecamatan Cisata sebesar 110,220 ton, Kelompok Tani Jiwa Nusantara Desa Sindang Hayu Kecamatan Saketi sebesar 96, 430 ton, Kelompok Tani Cipandan Jaya Desa Sindang Laut Kecamatan Carita sebesar 36, 033 ton, dan Kelompok Tani Mulya Tani Desa Jaya Mekar Kecamatan Cirebon sebesar 48, 480 ton.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kepada para kelompok tani penghasil manggis karena produksi manggis cukup bagus.

“Ini sejarah berikutnya yang akan terukir, karena Pandeglang bisa berkontribusi untuk pusat dan provinsi dari bidang hortikultura,” ujarnya

Irna juga menambahkan, Pandeglang tidak hanya dapat menjadi lumbung padi dan kedelai, namun harapan besar terlihat dari bidang hortikultura.

“Dengan dukungan terus dari Kementerian Pertanian petani kami yakin dapat meningkatkab produktifitas manggis, dan semoga ada kebun kawasan manggis mono kulture (khusus manggis).” tambahnya.

Irna berharap di Kecamatan Bojong salah satu dari empat daerah penghasil manggis yang difokuskan untuk pengembangan manggis. Hal ini kata Irna, agar lebih fokus dalam mengembakan manggis kualitas ekspor.

“Kualitas ekspor ini harus bagus, jangan sampai ada yang cacat karena akan menurunkan harga dan kualitas manggis,” harap Irna.

Walaupun dengan peralatan sederhana, Irna bangga kepada para petani manggis yang ada di beberapa Kecamatan yaitu Bojong, Cisata, Picung, Jiput, dan Saketi dapat terus bersemangat untuk menghasilkan manggis kualitas ekspor. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...