Puluhan Pemudik Terjaring Petugas saat Nekat Mudik Dini Hari

Rangkas Bitung – Sejumlah pemudik asal wilayah zona merah, terus memasuki Wilayah Kabupaten Lebak – Banten. Dengan dalih memiliki surat kesehatan dan surat tugas dari perusahaan, mereka bebas memasuki Wilayah Lebak yang masih dikategorikan zona hijau penyebaran Covid 19. Tak jarang, para pemudik membawa serta sepeda motor di dalam kendaraan roda empat mereka. Waktu yang digunakan para pemudik saat melintasi perbatasan yaitu pada waktu dini hari karena menduga tidak adanya petugas pos kesehatan di perbatasan.

Pantauan Satu Banten News, Selasa dinihari (19/05) di Pos Perbatasan Citeras – Rangkas Bitung, sejumlah kendaraan pemudik asal wilayah dari zona merah penyebaran Covid 19, terus memasuki wilayah Kabupaten Lebak Banten. Namun karena sigapnya petugas pos kesehatan dapat memberhentikan beberapa pemudik yang nekat melintas.

“Satu persatu kita periksa kendaraan dan menanyakan tujuan memasuki Wilayah Lebak. Kita juga memeriksa suhu tubuh jika ada yang bersuhu tubuh tinggi kita perintahkan kembali ke tempat asalnya,” ujar Maulana salah satu petugas jaga di Pos Citeras.

Selain memeriksa kelengkapan surat kendaraan, petugas kesehatan juga memeriksa suhu tubuh para pengendara yang akan melintasi Wilayah Rangkasbitung serta meminta keterangan surat tugas atau surat keterangan sehat.

Salah satu kendaraan pemudik roda empat terpantau juga turut serta membawa sepeda motor untuk dipergunakan di kampung halaman mereka.

“Sengaja kami membawa sepeda motornya, karena mau dipake di kampung, karena saat ini di Subang tidak di pakai lagi,” ujar Rahayu salah satu pemudik asal Subang, Jawa Barat.

Menurut Rahayu, dirinya saat ini sudah tidak lagi bekerja di Subang, oleh karena itu ia memilih pulang kampong membawa semua perlengkapan dan sepeda motor.

Hal serupa diutarakan oleh Rini, salah satu pemudik asal Tangerang yang diperiksa di Pos Check Point.

“Saya sudah tidak bekerja lagi perusahaan, sudah di PHK dan di lockdown. Mau gimana lagi, ya terpaksa harus pulang kampung,” ujar Rini sambil menunjukkansurat PHK asal perusahaannya.

Para pemudik ini berencana akan merayakan hari raya idul fitri di kampung halaman mereka di Lebak-Banten. Mereka sengaja melintas diwaktu saat dini hari, karena menduga tidak ada petugas di perbatasan. Beberapa pemudik yang tidak memiliki surat dan kelengkapan serta kurang sehat tidak dibolehkan masuk ke wilayah Lebak. (Bang Nas/SBS)

You might also like
Comments
Loading...