Puluhan Mitra PIWKU Hadiri Gebrar UMKM 2018

Cilegon (07/21/2018) Satubanten.com – Pusat Inkubator Wirausaha dan Klinik UKM (PIWKU) Kota Cilegon kembali mengadakan Gebyar UKM dan sarasehan PIWKU 2018, Jum’at (07/12) di Alun-alun Kota Cilegon. Puluhan mitra wirausaha binaan PIWKU datang meramaikan acara sekaligus membuka stand untuk menjajakan produk mereka. Laura Irawati selaku Direktur PIWKU Kota Cilegon mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara atas inisiatif PIWKU dan para mitra wirausaha.

“Yang pertama bapak ibu, bahwa dari mitra kami memberikan usulan agar dibikinkan bazar. Karena para mitra kami ini waktu itu tidak diikutkan bazar jadi meminta kepada kami (PIWKU) untuk mengadakan bazar. Jadi kegiatan ini salah satu fungsinya adalah untuk mengekspose produk-produk mereka,” kata Laura dalam sambutannya.

Selain berfungsi sebagai display produk, menurut Laura acara ini juga berfungsi sebagai bisnis matching antara para pengusaha dan juga para mitra PIWKU yang senantiasa berkomitmen mengembangkan UMKM di Kota Cilegon. Dalam kesempatan tersebut salah satu mitra PIWKU yakni PT Telkom sudah menggelontorkan dana senilai Rp 1,8 Miliar untuk pengembangan UMKM.

Dalam periode kepengerusannya, Laura mengatakan bahwa PIWKU telah melakukan beberapa langkah untuk mengembangkan UMKM di Kta Cilegon. Untuk pelatihan yang telah dilakukan yakni sebanyak 965 wirausaha baru. Sedangkan untuk klinik usaha, telah dilakukan pendampingan kepada 162 UMKM di Kota Cilegon. Pelatihan dan klinik usaha ini dimaksudkan untuk memperbaiki kualitas penjualan UMKM itu sendiri.

“Untuk pemasaran, ini yang luar biasa alhamdulillah, sampai dengan Desember tahun ini kami telah melakukan kerja sama dengan UMKM sebanyak 7.919 produk yang telah terjual. Ini tentu dapat tercapai berkat bantuan dari mitra-mitra yang ada disini,” imbuhnya.

Laura mengungkapkan bahwa di tahun 2019 nanti targetnya akan lebih ditingkatkan lagi karena akan disinergikan dengan program Sistem Jendela Informasi Wanita (Si Jelita). Di tahun 2019 nanti, pihaknya juga akan menjalin kerjasama yang intens dengan pihak pemerintah agar pendanaan untuk pengembangan program akan semakin baik.

Komitmen untuk mengembangkan UMKM di Kota Cilegon juga diungkapkan oleh ketua DPRD Kota Cilegon, Faqih Usman. Menurutnya keberpihakan dan komitmen para anggota dewan dalam mengembangkan UMKM ini sangat vital karena berkaitan dengan penekanan angka penganguran yang ada di Kota Cilegon khususnya.

“Kedepan saya kira kami dari anggota dewan sangat merespon kepentingan-kepentingan UMKM. Saya kira jangan cuma terpaku pada program ini saja, tapi kami juga menunggu pemikiran dari teman-teman UMKM . Jika sekiranya butuh proteksi dari peraturan daerah, kami sangat mendukung. Supaya anggota dewan juga punya inisiatif untuk memproteksi kegiatan usaha dan UMKM di Kota Cilegon,” tutur Faqih Usman.

Dukungan ternyata tak hanya datang dari anggota dewan, tapi juga dari Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi. dirinya mengatakan bahwa sinergi anatara program Si Jelita dan Keneke yang merupakan brand lokal bisa semakin meningkatkan penjualan UMKM.

“Saya sekali lagi menyambut baik dengan adanya PIWKU yang sudah digagas sejak 2,5 tahun yang lalu. Kemuadian juga tadi jika sudah ada aplikasi digitalnya, maka diharapkan UMKM di Cilegon juga PIWKU semakin matang,” pungkas Edi. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...