Puluhan Anak Yatim dan Lansia Terima Kado Lebaran LSP di Penguhujung Ramadhan

Serang – Di saat bulan Ramadhan sudah sampai di penghujung, komunitas Lingkar Studi Pemuda (LSP) kembali melakukan aksi sosial dalam mengisi detik-detik terakhir bulan suci ini. Setelah sebelumnya melaksanakan Ramadhan Youth Camp bagi pemuda dan pelajar, kini giliran Lansia dan anak yatim yang menjadi sasaran program LSP.

Jompo adalah seseorang yang telah memasuki usia 60

Puluhan anak yatim dan Lansia kurang mampu dikumpulkan dalam acara yang bertema “Indahnya Berbagi di Bulan Berkah” pada hari Minggu (10/6). Di kampung Kubangawan, Desa Citerep, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang tersebut para Lansia dan anak yatim ini  diberi pengarahan sekaligus bingkisan lebaran. Dalam salah satu sambutannya, Ali Sahbana selaku sekjen LSP bahkan tidak mampu menyembunyikan rasa bahagia.

“Salah satu kebahagiaan dalam hidup kita adalah bisa saling berbagi kepada sesama kita yang membutuhkan,’’ tuturnya.

Dalam beberapa literatur, ada perbedaan dalam mengklasifikasikan usia yang termasuk dalam kategori jompo atau lanjut usia. Menurut WHO usia yang masuk dalam kategori Jompo adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun keatas. Hal ini senada dengan pengertian Jompo atau lanjut usia yang terdapat dalam Undang-Undang U No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia . Dalam UU tersebut Lansia diterjemahkan sebagai seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas.

Infografik Pengunjung Wisata Kayanya

Pengertian Lanjut Usia tersebut berbeda dengan batasan umur yang terdapat dalam Undang Undang Dasar Tahun 1945 tentang Pemberian Bantuan Penghidupan Orang – Orang Jompo. Dalam Undang – Undang tersebut batas usia seorang Jompo adalah ketika sudah memasuki usia 55 tahun keatas. Namun kini aturan dalam Undang – Undang tersebut sudah tidak relevan lagi.

Prof. Dr. Ny.  Sumiati Ahmad Mohammad mengatakan bahwa seseorang dikatakan telah memasuki usia lanjut jika dia sudah sampai pada usia 65 tahun.  Dalam catatan Kabupaten Serang Dalam Angka 2016, pada tahun 2015 penduduk yang berusia 60-65 berjumlah 38.889 orang sedangkan penduduk yang berusia lebih dari 65 tahun berjumlah 52.825. Sedangkan di tahun 2016 terdapat 41.417 penduduk berusia 60-65 tahun dan 55.053 penduduk berusia lebih dari 65 tahun.

 

Jumlah Lansia atau Jompo yang cukup banyak ini, biasanya berbanding dengan nasib buruk yang menimpa para Lansia tersebut. Tidak sedikit dari mereka yang di usia senja bukan mendapatkan perawatan yang lebih baik dari sanak saudara, tapi malah ditelantarkan. Hal inilah salah satu yang menjadi inspirasi LSP dalam menyelenggarakan acara berbagi bingkisan lebaran bagi Lansia dan Yatim. Ali Sahbana mengatakan bahwa kegiatan yang turut dihadiri oleh Hj. Ei Nurul Khotimah selaku anggota DPR RI ini adalah kali kedua acara ini dihelat.

“Ini adalah tahun kedua LSP melakukan santunan kepada anak-anak yatim dan lansia yang kurang mampu dengan harapan bisa sedikitnya membantu dan dapat bermanfaat. Kami juga berterima kasih kepada para donatur yang telah memberikan sebagian rizkinya untuk mereka yang membutuhkan,” tutur Ali Sahbana. (IBC/SBS32)

You might also like
Comments
Loading...