Pulau Mangir, Sebuah Keindahan yang Tersembunyi

“Pulau Mangir, indah, sepi dan tersembunyi. Sangat layak untuk menjadi destinasi liburan akhir tahun ini.”

Banten terkenal dengan berbagai pesona wisata yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi tujuan berlibur terutama di Kabupaten Pandeglang. Selain Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang juga mepunyai pulau-pulau kecil dengan pantai yang indah dan jernih, salah satunya yakni Pulau Mangir.

Pulau indah tersembunyi ini letaknya tidak jauh dari Taman Nasional Ujung. Selain indah dan mempesona, pulau ini juga cocok untuk menjadi suaka pemburu keheningan, karena jauh dari hiruk-pikuk kota. Selain itu, pulau yang tanpa penghuni ini masih bersih dan belum banyak orang yang mengetahuinya.

Hanya terdengar suara langkah kaki, deburan ombak kecil dan hembusan angin yang menerpa pepohonan. Sunyi jauh dari bising lalu lalang kendaraan bermotor. Suasananya pun masih begitu asri karena belum ada fasilitas yang dibangun di sekitar bibir pantai. Jika ingin mencari ketenangan maka pantai inilah destinasi yang cocok.

Pulau Mangir ini tepatnya berlokasi di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Lokasi tersebut bisa dicapai dengan menempuh perjalanan selama 4 jam dari pusat kota pandeglang. Aksesnya yaitu melewati pantai Daplangu dan dilanjutkan menggunakan perahu boat dengan biaya sewa perahu Rp 250 ribu.

Tidak ada tiket masuk yang harus dibeli untuk menikmati pulau yang indah ini. Tapi begitu sampai, pegunjung akan dimanjakan dengan ombak yang tenang sehingga bisa bersnorkeling melihat keindahan bawah laut dengan air yang jernih dan pemandangan yang menyegarkan mata.

Jika hendak berkunjung ke Pulau Mangir, jangan lupa untuk membawa bekal. Karena di lokasi tersebut masih sangat sepi dan tidak berpenghuni jadi mustahil menemukan penjual makanan. Hanya saja, sampah palstik wadah makanan juga jangan lupa untuk dibawa kembali agar pulau yang indah ini tidak menjadi kotor dan rusak.

Hamparan pasir putih dan keindahan alam bawah laut menjadi salah satu potensi alam yang di miliki pulau mangir ini. Namun masih banyak pengunjung yang meninggalkan sampah sembarangan. Sampah plastik yang kadang terlihat di pantai ini tentu mengusik keindahan pulau ini. Selain itu sampah palstik tersebut juga tentu saja mengotori pantai di Pulau Mangir. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran pengunjung untuk menjaga kebersihan lingkungan pulau agar tetap bersih. Agar semua orang yang datang bisa memnikmati pulau mangir ini.

Untuk kamu yang masih bingung merencanakan liburan akhir tahun dan bosan dengan tempat liburan yang itu-itu saja, Pulau Mangir sangat cocok untuk masuk ke dalam daftar tujuan liburanmu. Dijamin pulau ini akan membuat jatuh cinta dan rasanya ingin berlama-lama disana bersama teman, sahabat dan keluarga.

Shofa Fitriyani Darmawan dan Devi Rosmiati Mahasiswa semester 5 Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

(IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...