Puasa Tetap Sehat, Hindari Makanan Berlemak dan Pedas

Serang (6/5/2019) Satubanten.com – Bulan Ramadhan telah tiba, Bagi umat muslim kewajiban puasa merupakan ibadah yang tidak boleh ditinggalkan.

Aktivitas membatasi asupan makan dan minum pada tubuh ini sebenarnya bisa dilakukan kapanpun tanpa menunggu datangnya bulan Ramadan.

Meski berpuasa, tidak berarti mengabaikan makanan-makanan sehat. Asupan nutrisi kedalam tubuh harus tetap dijaga agar tetap fit dan sehat. Dan yang harus diingat adalah tubuh lebih membutuhkan kecukupan nutrisi ketimbang hanya rasa kenyang.

Perlu diketahui, nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sangat beragam. Karenanya tidak ada satu jenis makanan yang bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi itu. Hal utama yang harus diperhatikan di makanan sehat saat puasa adalah menu sahur.

Makan sahur membantu menjaga metabolisme tubuh tetap dalam kondisi normal. Selama puasa, makanlah makanan yang termasuk karbohidrat kompleks seperti oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Hal ini untuk menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang karena makanan-makanan dicerna lebih lambat.

Selain makanan karbohidrat kompleks, makanan dengan berserat tinggi juga baik untuk dikonsumsi agar Anda terhindar dari konstipasi atau sembelit selama bulan puasa. Sayuran hijau serta buah-buahan adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya serat, tapi vitamin dan mineral juga tercukupi.

Makanan yang baik saat puasa, baik itu sahur dan berbuka sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak dan rasa pedas. Selain bisa meningkatkan kolesterol darah, makanan lemak dan pedas bisa mengganggu pencernaan.

Selain itu, minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

Sementara teh dan kopi yang bersifat diuretik (menyebabkan buang air kecil terus menerus) sebaiknya dihindari selama puasa agar tidak dehidrasi. Buah yang bisa Anda nikmati selama puasa adalah pisang karena tinggi potasium, magnesium, dan karbohidrat.

Pada waktu berbuka, cobalah konsumsi kurma sebanyak 3 butir. Kurma merupakan sumber gula, serat, kalium karbohidrat, dan magnesium. Kurma adalah salah satu makanan sehat saat puasa yang dipercaya mampu mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. ***

Sumber: dokterSehat
You might also like
Comments
Loading...