Premier League Mulai Tertarik Gunakan VAR

London (06/09/2018) Satubanten.com – Setelah ajang Piala Dunia 2018 mengunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dalam setiap pertandingan. Kini giliran The Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) dikabarkan akan menggelar uji coba VAR usai jeda internasional di kompetisi Premier League.

Teknologi VAR sendiri sudah terbukti sukses di Piala Dunia 2018 kemarin, namun penggunaan VAR untuk liga domestik belum dilakukan menyeluruh di seluruh dunia. Saat ini baru ada dua liga top eropa yang memakainya, yakni Serie A Italia dan La Liga Spanyol. sementara di Inggris sendiri, khususnya di pentas Premier League, teknologi itu masih belum diterapkan.

Dilansir dari Sky Sports, pihak PGMOL sepertinya berniat memakai VAR. Namun mereka masih ingin melakukan uji coba dahulu.
Rencananya untuk melakukan uji coba itu setelah jeda internasional berakhir. Nantinya ada lima pertandingan pada pukul 15.00 waktu setempat pada tanggal 15 September yang akan digunakan sebagai ajang uji coba. VAR.

PGMOL ingin melihat apakah pusat VAR yang ada di Stockley Park, dekat Heathrow, bisa mengatasi munculnya berbagai insiden yang mungkin terjadi dalam waktu bersamaan atau dalam jeda waktu yang singkat.

Namun dalam uji coba nanti , tim yang bekerja di Stockley Park nanti tak akan berhubungan sama sekali dengan wasit yang ada di lapangan. Nantinya hasil evaluasi uji coba itu akan dibeberkan pada semua shareholder EPL pada tahun depan.

Menurut Sky, bahwa pihak Premier League merasa keputusan mereka untuk menunda penggunakan teknologi itu hingga para ofisial benar-benar memahami cara penggunaannya, telah terbukti benar.

Selain itu pihak EPL juga sedikit merasa khawatir bahwa VAR telah kehilangan sedikit kredibilitasnya di hadapan sejumlah fans. Hal ini tak lepas dari penggunaan VAR yang sering menimbulkan kontroversi seperti pada gelaran Piala Dunia 2018 yang lalu. (SBS02)

You might also like
Comments
Loading...