Praktik Presentasi Bisnis

304

 

Oleh : • Cintia Audry Febrianti • Rosdiana Puspita/Mahasiswa  (Universitas Pamulang)

Satubanten.com-  Presentasi bisnis merupakan hal yang penting, karena kita akan menjelaskan produk bisnis perusahaan untuk meyakinkan klien atau pembeli. Dalam presentasi bisnis, kita harus bisa menyampaikannya dengan baik, dengan percaya diri, menguasai materi presentasi, serta menggunakan gaya bahasa dan kosakata yang tepat agar audiens memahami apa yang kita disampaikan dan bisa meningkatkan kepercayaan audiens terhadap kita.

Terdapat beberapa bahasa tubuh saat presentasi, antara lain :
1) Ekspresi wajah : Pastikan untuk tersenyum agar terlihat ramah, hangat, antusias, dan ceria. Jika kita berbicara antusias, maka audiens pun akan antusias mendengarkan presentasi.
2) Kontak mata : Kontak mata yang baik akan menjalin hubungan yang lebih dekat dengan audiens.
3) Gerakan tangan : Berbicara dengan menggunakan gerakan tangan adalah cara untuk menunjukkan kegembiraan dan antusiasme. Hal ini akan menarik diri kita ke dalam percakapan dengan audiens.
4) Gerakan bahu : Gerakan bahu tegak yang diiringi dengan kepala mendongak ke atas dan menghembuskan nafas akan menunjukkan pembicara dalam keadaan siap atau tidak.
5) Gerakan kepala : Gerakan kepala pembicara dalam presentasi dapat menunjukkan tindakan setuju atau menolak suatu pernyataan, contohnya menganggukkan kepala atau menggelengkan kepala.
6) Postur tubuh : Postur tubuh yang baik, tegak, akan membuat kita tampil lebih energik dan percaya diri.

Peninjauan Lokasi
Peninjauan lokasi sebelum melakukan presentasi bisnis merupakan hal penting karena akan sangat membantu pembicara ketika melakukan presentasi. Sering kali pembicara melakukan presentasi tanpa melakukan peninjauan lokasi sebelumnya sehingga dapat mengganggu kelancaran presentasi karena tidak menguasai lokasi. Seperti persediaan alat-alat bantu presentasi yang telah disediakan terkadang sulit atau mengganggu kelancaran presentasi. Di samping mengetahui alat-alat bantu presentasi yang akan digunakan, pembicara harus memperhatikan tata letak untuk tempat duduk dalam presentasi bisnis, tata lampu, podium, posisi proyektor, dan lain sebagainya agar mempermudah dalam menyampaikan presentasi karena sudah menguasai lokasi.

Praktik Presentasi Bisnis

Berlatih presentasi bisnis dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan di dalam organisasi bisnis, mulai dari lingkup kecil ( internal ) sampai lingkup yang luas ( eksternal ). Dalam lingkup kecil, misalnya presentasi bisnis tentang rancangan produk baru, peningkatan efisien kerja karyawan, dan usulan program kerja departemen. Untuk lingkup eksternal, misalnya presentasi bisnis untuk kerja sama bisnis dengan pihak lain dan usulan ekspansi pabrik.

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar pembicara dapat mencapai sasarannya :
1) Identifikasi audiens
2) Buatlah pokok-pokok pikiran presentasi bisnis
3) Tulislah teks presentasi bisnis secara lengkap
4) Buatlah rangkuman teks presentasi bisnis ke dalam sub-sub judul
5) Tulislah ke dalam kartu ukuran kartu pos

Comments are closed.