PQN Catat 173 Ribu Merchant di Banten Telah Gunakan QRIS

Serang (14/3/2020) Satubanten.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten berkolaborasi dengan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) mengadakan berbagai kegiatan dalam memeriahkan Pekan QRIS Nasional (PQN) yang dilakukan mulai 9-15 Maret 2020.

​Merchant Focus menjadi penutup rangkaian PQN 2020 di Provinsi Banten. Booth UMKM yang telah menggunakan QRIS ikut semarakkan acara dengan menawarkan berbagai produk seperti makanan, kerajinan, dan pakaian.

UMKM tersebut merupakan binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dan mitra PJSP. Talkshow bersama Kiki Saputri dan penampilan Band Coklat turut memeriahkan acara yang digelar Sabtu, (14/3).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten berharap penggunaan QRIS tidak berhenti sampai penyelenggaraan PQN 2020.

“Pencapaian Banten saat ini telah mencapai 173 ribu merchant yang menggunakan QRIS. Kedepan semoga dapat terus berkembang di Provinsi Banten dan penggunaan QRIS oleh customer semakin bertambah,” ujar Kepala BI Banten Erwin Soeriadimadja.

Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) merupakan metode pembayaran terbaru yang diluncurkan oleh Bank Indonesia untuk memperluas alternatif pembayaran non tunai.

QRIS memudahkan proses pembayaran bagi pedagang ataupun pembeli karena terintegrasi dengan e-wallet seperti Gopay, Ovo, Dana, ataupun Link aja. Meskipun relatif baru, hingga 6 Maret 2020, merchant yang sudah terdaftar dan memasang QRIS mencapai 2,7 juta diseluruh provinsi di Indonesia.

Provinsi Banten sebagai provinsi ke-5 dengan jumlah merchant QRIS terbanyak setelah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, mencapai 173 ribu merchant dan masih potensial untuk terus dikembangkan.

Potensi Provinsi Banten tersebut tentu perlu kita respon secara positif dalam rangka perluasan ekonomi digital. Salah satu keunggulan QRIS bagi pengguna e-wallet adalah Pedagang / Merchant Discount Rate (MDR) yang lebih rendah dari 1% menjadi 0,7%. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...