Pos Sahabat Anak Untuk Siapa?

Serang, (09/10/2018) Satubanten.com – Seorang warga yang sedang duduk di warung kopi di Kebon Jahe Kota Serang, menanyakan apa sebenarnya fungsi dari bangunan kecil yang ada di sudut jalan tersebut bersebelahan dengan pos polisi, tepatnya di lampu merah.

“Itu sebenernya buat apa sih, ko kecil amat ya, dari dulu saya pertama liat sampe sekarang belum pernah saya temuin ada orang yang masuk atau untuk sekedar merawatnya,” katanya kepada seorang temannya yang sedang duduk tepat disebelahnya sambil menyeruput segelas kopi hitam.

Sebenarnya Pos Sahabat Anak tersebut sengaja dibuat dimaksudkan sebagai tempat anak jalanan dan pengemis karena aktivitas mereka yang dinilai mengganggu kenyamanan masyarakat. Dan untuk mencegah hal-hal tidak inginkan, maka dibuatlah bangunan tersebut.

Pada perencanaannya pos tersebut akan di jaga oleh relawan dari Kementerian Sosial untuk mengedukasi atau memberikan penyuluhan kepada anak-anak jalanan dan juga pengemis di sekitar jalanan Kota Serang.

Namun sayangnya sejak awal pembangunan hingga saat ini bangunan tersebut masih terbengkalai dan belum pernah terlihat fungsinya. “Gak tau buat apa, dari saya awal masuk kuliah sampel sekarang udah mau lulus masih aja begini. Seharusnya bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Kan sayang ya ini kalo dibiarin gitu aja,” ujar Prahastyo salah seorang mahasiswa di universitas di Kota Serang.

Dia juga mengatakan, jika bangunan tersebut mengganggu keindahan kota dan kenyamanan pejalan kaki. Karena letaknya yang sebagian memakan trotoar. “Kasian juga sama pejalan kaki, kan kurang nyaman. Sebagian bangunannya ada diatas trotoar. Sayang juga sama dananya, pasti lumayan banyak kan ini ngabisin anggarannya,” katanya.

Sementara Pia (29) salah satu warga yang tinggal di Kebon Jahe Kota Serang mengatakan, kenapa bangunan yang sudah jelas tidak berfungsi masih dibiarkan begitu saja. “Harusnya kalo emang gak ada fungsinya di bongkar aja udah. Tapi kalo emang sayang, yaudah dimanfaatin aja sebagaimana mestinya. Lagian bangunan sekecil itu, saya juga masih gak ngerti itu maksud dari Pos Sahabat Anak,” tuturnya. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...