Polres Cilegon Himbau Tempat Hiburan Tutup Selama Ramadhan

Cilegon (10/05/2019), Satubanten.com – Kepolisian Resort (Polres) Kota Cilegon menghimbau kepada tempat hiburan di seluruh Cilegon agar menutup kegiatannya selama bulan Ramadan berlangsung. Hal ini tertuang dalam surat maklumat kepala Resort Cilegon nomor Max/01/V/Huk.5/2019.

Maklumat tersebut memuat himbauan bahwa dalam rangka mewujudkan toleransi antar umat beragama dan menghormati bulan suci Ramadhan serta untuk memelihara keamanan dan ketertiban, Polres Kota Cilegon menghimbau agar tempat hiburan bersedia menutup sementara tempat hiburan selama bulan Ramadhan. Tempat hiburan yang dimaksud meliputi Singing Hall, Live Music, Karaoke, Sauna, SPA, Massage, Bolling dan Billiard.

Dalam maklumat tersebut juga tercantum sanksi pidana bagi yang melanggar. Tempat hiburan yang melanggar aturan tersebut akan dikenai pidana berupa kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling besar Rp. 5.000.000,00 (lima juta rupiah) sesuai dengan ketentuan pasal 23 ayat 1 Peraturan Daerah Kota Cilegon nomer 2 tahun 2003.

Dalam Peraturab Daerah Kota Cilegon nomer 2 tahun 2003 tersebut sebetulnya telah diatur tentang ketentuan penutupan tempat hiburan selama bulan Ramadhan. Dalam pasal 22 disebutkan bahwa untuk menghormati Bulan Suci Ramadhan tempat hiburan jenis karaoke, live musik dan billiard baik sarana penunjang maupun usaha khusus dilarang beroperasi sejak 3 hari sebelum hingga 3 hari setelah ramadhan.

Bahkan bukan hanya dalam bulan ramadhan, dalam ketentuan tersebut, pasal 22 ayat 2 juga menyebutkan bahwa tenpat hiburan tersebut juga dilarang melakukan kegiatan hiburannya pada peringatan hari besar. Hal dilakukan atas dasar toleransi antar umat beragama. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...