Polpes Al Jariyah Ramaikan Kemerdekaan RI Dengan Grebek Bersih Desa

Lombok (17/08/2019), Satubanten.com – Santri dan Santriwati Pondok Pesantren Al Jariyah punya cara unik memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke – 74. Jika biasanya masyarakat mengadakan lomba, kali ini Santri dan Santriwati mengadakan Grebek Bersih Desa Bantek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara,  NTB.

Saputra, salah satu santri mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya para Santri agar dapat bergaul dengan masyarakat. Selain itu juga merupakan tanggung jawab Pondok Pesantren terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya.

“Kita tidak mengadakan lomba, tapi kita bikin Grebek Desa biar lebih terasa manfaatnya. Selain itu juga sebagai tanggung jawab kita di Ponpes terhadap kebersihan lingkungan sekitar pondok,” kata Saputra.

Desa Bantek merupakan salah satu Desa yang terkena dampak gempa besar dan Tsunami yang menimpa Lombok pada bulan Agustus tahun 2018 lalu. Trauma masyarakat belum sepenuhnya bilang. Bekas-bekas reruntuhan juga masih terlihat di rumah-rumah warga. Oleh karena itu perayaan yang bernuansa hura-hura nampaknya belum cocok dilakukan di Desa Bantek. Inisiatif kegiatan Pondok Al Jariyah merupakan terobosan perayaan Kemerdekaan yang tepat.

Kegiatan ini juga diapresiasi oleh perangkat desa setempat, seperti misalnya Raden Safrudi selaku Kadus. Menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Dibanding bikin lomba, para Santri berinisiatif melakukan Grebek Desa. Ini tentu sangat bermanfaat, apalagi jika masyarakat semua ikut juga. Dampaknya pasti positif untuk Desa Bantek ini,” pungkasnya.  (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...