Pilih Kuliah Atau Kerja Yah?

Oleh : Umyanah Ayu Safitri, Mahasiswi UIN SMH Banten.

Serang (01/07/2019) SatuBanten. News – Pertanyaan ini mungkin sering terdengar akhir-akhir ini, tentunya pertanyaan tersebut terlontar dari para pelajar yang saat ini baru lulus SMA, SMK Ataupun MA. Setelah lulus, banyak dari para pelajar tersebut merasa bingung antara memilih kuliah atau kerja, memang ada beberapa siswa yang sudah mempunyai gambaran sebelumnya, dan sudah menentukan langkahnnya untuk kuliah ataupun kerja.

Tapi beda halnya dengan siswa lainnya yang belum sama sekali mempersiapkan dirinya mau kemana pascasekolah, kuliah ataupun kerja memang merupakan No Easy Choice bagi mereka karena ini menyangkut kehidupannya kelak, sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka merasa bingung terhadap kedua pilihan tersebut, faktor-faktor tersebut antara lain :

1. Kondisi Financial Keluarga
Kondisi keluarga merupakan alasan utama seorang pelajar memilih antara kuliah atau kerja, karena mereka yang kebutuhan hidupannya sudah terpenuhi oleh keluarganya biasanya lebih memilih kuliah karena memang tidak ada masalah pada pembiayaan kuliah, tinggal bagaimana motivasi dan kemauan mereka untuk kuliah.

Terkadang memang beberapa dari mereka ada sampai menganggap bahwa kuliah atau kerja di rasa sama saja karena melihat biaya kebutuhannya yang sudah terpenuhi dan malah berlebih. Hal ini berbeda dengan mereka yang kurang dari segi financial, secara tidak langsung mereka biasanya di tuntut untuk memilih bekerja dan memperbaiki keadaan ekonomi keluarga.

Restu keluarga biasanya sulit diberikan ketika mereka ingin kuliah, melihat situasi seperti ini mereka yang mempunyai motivasi tinggi untuk kuliah biasanya merasa dilema dan galau. Tapi sebenarnya ada jalan lain untuk menghadapi hal tersebut, yaitu dengan kuliah sekaligus bekerja, cara ini di anggap sangat ideal untuk mereka yang ingin kuliah tetapi sekaligus tidak membebani keuangan keluarga, apalagi sekarang banyak universitas yang mulai membuka kelas karyawan

2. Kurangnya Motivasi
Selain kondisi financial keluarga, kurangnya motivasi juga merupakan salah satu faktor yang membuat mereka merasa bingung untuk memilih antara kuliah atau kerja, hal ini biasanya terjadi karena dulu pada masa sekolahnya mereka kurang mengetahui apa saja langkah yang mesti ia tempuh supaya cita-cita atau rencananya tercapai, alhasil ketika mereka lulus dari sekolah mereka merasa bingung dengan cara mewujudkan cita-citanya dahulu, harus dengan kuliah kah atau kerja?

Jadi sebenarnya jika mereka mempunyai motivasi yang kuat pada masa sekolahnya, mereka tidak akan bingung dan mampu untuk menentukan jalan hidup selanjutnya, pada kondisi sebaliknya jika mereka kurang termotivasi, pada saat lulus sekolah mereka akan mudah terobsesi dan terpengaruh atas motivasi dadakan dari orang lain untuk kerja atau kuliah.

Jadi di saat mereka di ceritakan dan di beri motivasi oleh teman atau orang di sekelilingnya mengenai kuliah, mereka langsung berniat untuk kuliah, dan sebaliknya jika mereka di beri motivasi mengenai pekerjaan, mereka juga ikut ingin bekerja, kelabilan ini juga yang menyebabkan mereka pada akhirnya bingung, ironisnya hal ini pun banyak terjadi terhadap siswa yang beru lulus.

Jadi, Memilih kuliah atau kerja memang bukan perkara mudah, tapi dari kedua pilihan ini juga hidup anda akan di tentukan, jadi pikirkan dengan matang sebelum menentukan kedua pilihan tersebut, kuliah atapun kerja memang bukan penentu kesuksesan anda, karena sukses bukan tentang kuliah atau kerja, tetapi setiap sukses harus di tempuh dengan jalan yang sulit dan proses yang rumit. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...