Pertumbuhan Ekonomi Di Banten Menurun Pada Triwulan II 2018

Serang, (24/09/2018) Satubanten.com – Realisasi pendapatan APBD Provinsi Banten pada triwulan II 2018 mencapai Rp 15,7 triliun atau 47,9 persen dari target. “Disisi lain, realisasi belanja daerah Provinsi Banten pada periode yang sama tercatat Rp 11,1 triliun atau 30,6 persen dari pagu,” ujar Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Banten Rahmat Hernowo.

Dia juga menjelaskan, menurut hasil analisis BI, penyumbang inflasi terbesar adalah makanan jadi, rokok, tembakau dan bahan makanan. Sedangkan untuk komoditas adalah perguruan tinggi, dan bawang putih adalah penyumbang deflasi tertinggi hingga saat ini.

Realisasi IHK sampai bulan Agustus 2018 tercatat mengalami peningkatan dibandingkan capaian triwulan II 2018. “Meningkatnya tekanan inflasi didorong oleh peningkatan harga kelompok bahan makanan dan kelompok pendidikan serta rekreasi,” tuturnya.

Sementara, dalam paparannya Kepala BI juga menyampaikan isu strategis depresiasi nilai tukar, berikut detail neraca perdagangan luar negeri di Provinsi Banten.

“Dari tahun ke tahun ekspor dibandingkan impor kita lebih banyak impornya. Ternyata bahan industri baja kita 95 persennya import, jadi kita harus melakukan kerjasama luar negeri dalam perdagangan. Keuntungannya adalah kita menjualnya dengan harga internasional, yang kemudian dirupiahkan, jadi cukup besar,” katanya.

Dia juga menambahkan, jika pariwisata merupakan sumber devisa yang paling besar dalam membangun tingkat perekonomian di setiap daerah. Salah satunya Tanjung Lesung, selama 2017 kunjungan wisatawan Tanjung Lesung mencapai 866 ribu orang. Tetapi 96,2 persen wisatawanya berasal dari domestik atau lokal, dan hanya 3,7 persen wisatawan asing.

Sedangkan karakteristik wisatawan itu berbeda. Sekitar 40 persen wisatawan yang berkunjung tidak menginap dan yang lainnya datang hanya ketika akhir pekan. “Dan yang kita harapkan adalah wisatawan asingnya tinggi dan ketika berkunjung mereka menginap disana,” ucap Rahmat Hernowo.

Dan rata-rata wisatawan yang datang kebanyakan ingin menikmati keindahan alam dan petualangan seru dengan mengunjungi Pulau Peucang, Ujung Kulon dan Gunung Anak Krakatau. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...