Pertumbuhan Ekonomi Banten Triwulan II 2019 Melambat

Serang (23/9/2019) Satubanten.com – Pertumbuhan ekonomi Banten pada Triwulan II 2019 mengalami penurunan dibanding triwulan I 2019. Pada periode triwulan II tercatat hanya 5,35%, lebih rendah dibanding triwulan I sebesar 5,44%. Meski turun, pertumbuhan ekonomi Banten masih diatas pertumbuhan Nasional sebesar 5,05%.

Perlambatan ekonomi tersebut antara lain disebabkan oleh Lapangan Usaha (LU) transportasi pergudangan sebesar -2,23% ditambah lagi menurunnya kinerja net ekspor yang mengalami kontraksi sebesar -0,31% seiiring turunya kinerja Ekspor sebesar -1,01%.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Banten, Erwin Soeriadimadja saat konferensi pers Laporan perekonomian Banten Periode Agustus 2019 didampingi oleh Kepala Divisi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan SLA Kantor Perwakilan BI Banten,Erry P. Suryanto dan Kepala tim advisory Ekonomi dan Keuangan, Purwanto, di Gedung BI Banten, Selasa (24/9/2019)

“Faktor yang sangat mempengaruhi terutama dari sisi pengeluaran adalah meningkatnya komsumsi rumah tangga dan konsumsi Pemerintah, sementara Investasi tumbuh rendah dan kinerja net ekspor Provinsi Banten menurun.” ujar Erwin.

Ia juga menanmbahkan, realisasi pendapatan APBD Banten pada Triwulan II masih relatif rendah karena disebabkan belum optimalnya pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pencairan dana perimbangan.

“Realisasi pendapatan masih relatif rendah yaitu sebesar 38,7% dan lebih rendah dari triwulan II 2018 yang mencapai 57,9%.” ucapnya.

Sejalan dengan melambatnya pertunbuhan ekonomi Provinsi Banten, transaksi no tunai melalui sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) pada triwulan II 2019 juga mengalami penurunan dibandingakn triwulan sebelumnya yakni tercatat sebesar Rp 9,57 Triliun.

Dalam acara tersebut juga dipaparkan mengenai tingkat Inflasi serta proyeksi perekonomian Provinsi Banten pada tahun 2019. Sementara Kepala BI Banten Erwin Soeriadimadja dalam siaran pers didampingi oleh Kepala Divisi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan SLA Kantor Perwakilan BI Banten,Erry P. Suryanto dan Kepala tim advisory Ekonomi dan Keuangan, Purwanto. (DIK/SBS02)

You might also like
Comments
Loading...