Pertama di Banten, Disdukcapil Tangsel Luncurkan Akta Kelahiran dan KIA Braille

Tangerang,(6/5/2019) Satubanten.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan gebrakan denga meluncurkan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) bertulisan huruf braille bagi penyandang disabilitas tuna netra.

Program ini merupakan yang pertama di Banten dan kedua di Indonesia setelah Bandung, Jawa Barat.

Dilansir dari Laman humas tangsel, Pemberian Akta Kelahiran dan KIA tersebut dilakukan secara simbolis di Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel oleh
Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan.

Dedi Budiawan menjelaskan, program ini merupakan pertama di Provinsi Banten dan kedua di Indonesia setelah Bandung. Program ini untuk mempermudah para tunanetra dalam membaca dokumen kependudukanya.

“Ini merupakan bentuk inovasi kita, agar para tunanetra dalam membaca dokumen kependudukannya bisa lebih mudah dengan dunianya mereka, serta kita ingin memberikan pelayanan yang baik, tidak hanya untuk yang normal saja, namun untuk disabilitas pun kita tingkatkan pelayanan yang terbaik,” ujarnya dikutip laman Tangsel, Senin (6/5).

Dedi menambahkan, di Tangsel terdapat 800 orang yang merupakan disabilitas Tuna netra, dari 800 disabilitas Tuna netra ini, baru 8 orang ini yang memiliki akta kelahiran dan KIA Braille.

Lanjutnya, para penyandang disabilitas netra ini memiliki akta kelahiran bestandar nasional dengan dan didampingi dengan akta Braille. “Untuk saat ini kita masih menumpang cetak di Yayasan Makfufin di Serpong, namun kedepannya kita akan membeli alat cetak mesin Braille,” ungkapnya.

Pelayanan ini menurut Dedi merupakan bentuk hadirnya Negara melalui Disdukcapil dalam pemberian pelayanan dokumen kependudukan kepada warganya.

“Pelayanan dokumen kependudukan ini gratis tanpa dipungut biaya, bagi masyarakat yang tuna netra ingin membuat akta kelahiran Braille bisa datang ke Disdukcapil,” pungkasnya. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...