Persiapkan PON XX, Venue Aquatic Selesai Disertifikasi FINA

PAPUA, Satubanten.com — Persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 terus berjalan. Kali ini untuk mendukung jalannya gelaran PON, pemerintah mensertifikasi Venue akuatik.Area pertandingan (Field Play) tersebut selesai dibangun dan disertifikasi oleh Fédération internationale de natation (FINA) atau lebih dikenal dengan Federasi Renang Dunia.

Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua, total ada tiga dari empat venue telah selesai lebih cepat dari target. Proses pengecekan dan penilaian dilakukan melalui Bidang Sertifikasi PB PRSI di dalam Pengawasan Konsultan Spesialis Federasi Renang Internasional (FINA) dari Spanyol melalui media Video Conference.

Peresmian Sertifikasi Venue Tanding Cabor Aquatic oleh FINA (Foto : Dok. Istimewa)

Standar yang menjadi penilaian FINA yakni pengecekan dan pengukuran dimensi kolam dengan metode random sampling.Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan bahwa proses pengecekan telah selesai dan telah memenuhi standar FINA.

“Hasil pengecekan dan pengukuran, disimpulkan bahwa Field of Play atau Kolam Tanding Venue Aquatic PON Papua telah sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan oleh FINA,” tuturnya.

Sementara itu Wakil Ketua PB PRSI Sarman Simanjorang mengatakan bahwa proses pengukuran yang telah dilakukan, meski terdapat selisih tapi masih dalam ukuran milimeter. Sehingga masih masuk dalam standar penilaian FINA.

“Pada prinsip pengukuran tadi sudah sesuai standar Internasional, jadi tadi hitungannya hanya mili jadi masih masuk standar. Kalau senti, bisa batal,” tuturnya.

Kemegahan Arena Tanding (Field Arena) PON XX Papua 2020 (Foto : Dok. Istimewa)

Ia juga mengatakan dengan adany sertifikasi tersebut, kini Papua memiliki torehan sejarah baru yakni dengan adanya Kolam Renang berstandar Internasional. Oleh karena itu ia berharap saran tersebut bisa dijaga dengan baik.

“Harapan kami yang pertama dengan adanya kolam renang ini, dapat dimanfaatkan sehingga mampu melahirkan atlet yang mengharumkan nama daerah dan bangsa Indonesia. Kedua, agar fasilitas ini dapat dirawat dan dijaga dengan baik,” pungkasnya. (MIH/SBS)

You might also like
Comments
Loading...