Permudah Pengguna BRT, Pemkot Siapkan Pembayaran Cashless

Tangerang (12/9/2019) Satubanten.com – Kota Tangerang terus berupaya menyuguhkan transportasi umum yang layak agar masyarakat beralih ke trasnportasi masal. Bahkan kini, Bis Rapid Transit (BRT) bakal diberlakukan pembayaran secara digital atau tidak lagi menggunakan uang tunai.  Pembayaran dengan non tunai itu untuk  memberikan kenyamanan, kemudahan dan pembayaran yang lebih transparan,.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menjelaskan program cashless yang akan diperuntukkan bagi kendaraan BRT merupakan langkah untuk mempermudah dalam memberikan kenyamanan kepada penumpang

“Ini sebagai bentuk layanan kami kepada masyarakat agar lebih, aman, nyaman dan teratur,” jelas Arief dikutip Humas,Kamis (12/9).

“Tapi ini masih sosialisasi dulu, dan nanti teknisnya seperti apa akan dilakukan Dishub,” lanjut Arief.

Menurut Wali Kota, program cashless juga upaya mendorong masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.  “Kalau lebih mudah, rapi, dan tertib otomatis masyarakat akan beralih dan dampak lebih jauhnya mengurangi kemacetan,” tutup Wali Kota.

Plt Kepala Dishub Kota Tangerang, Wahyudi Iskandar, mengatakan, ia sedang menyosialisasikan penerapan pembayaran non tunai untuk dua jalur BRT di Kota Tangerang.

“Pembayarannya bisa pakai GoPay, Dana, Ovo dan pembayaran digital lainnya. Kami bekerjasama dengan BJB, jadi nanti bentuknya single barcode tapi bisa dipakai untuk semua jenis pembayaran termasuk bisa pakai e-money juga,” katanya,.

Kata Wahyudi, penerapan pembayaran BRT dengan cara non tunai itu dilakukan di tiga koridor. Dua diantaranya yakni pada dua koridor yang sudah ada dan satu lagi di koridor CBD-Tangcity.

“Penerapannya sendiri akan dimulai pada akhir tahun 2019. Kami baru sosialisasikan ke Kecamatan Karawaci dan rencananya akan disosialisasikan di kecamatan-kecamatan yang dilalui BRT,” jelasnya. (SBS)

You might also like
Comments
Loading...