Perkuat Sinergitas Kerelawanan, Apoteker Banten & BSMI Teken MoU Kerjasama

Cipanas, Satubanten.com – Dalam rangka memperkuat sinergitas kerelawanan baik dalam kebencanaan ataupun kemanusiaan, pengurus daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Provinsi Banten melalui Apoteker Tanggap Bencana (ATB) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kesepahaman dengan Bulan Sabit Merah Indonesia.

Penandatangan kesepahaman tersebut dilakukan saat kegiatan bersama kedua belah pihak (PD IAI dan BSMI) yang juga di ikuti oleh organisasi lain diantaranya IDI Lebak, PPNI Lebak, Kandang Dapur Uwing, BMKM Krakatau Medika Hospital, DKM Mesjid jami RSKM, IOF Banten, Apex Banten, dan Spider.id, berlokasi di Hunian Sementara (Huntara) Kp. Cigobang Kecamatan Lebak Gedong Kabupaten Lebak Banten, Sabtu (1/8).

Hengki Suryo Winoto Sekretaris umum BSMI Provinsi Banten menyampaikan bahwa sebetulnya kerjasama dengan ATB sudah terjalin sejak lama, hanya saja legalitasnya baru ditempuh sekarang, untuk lebih menguatkan langkah kebersamaan dalam aksi – aksi sosial.

“Terlebih ATB merupakan organisasi profesi kesehatan, dengan adanya legalitas kerjasama dapat menguatkan kami, baik kebencanaan ataupun aksi kemanusiaan,” ungkap pria yang akrab disapa ustadz Hengki.

Senada dengan Sekretaris BSMI Banten, Ketua PD IAI Banten Ahmad Sofan, menyampaikan pentingnya MoU kesepahaman PD IAI mlalui ATB dengan BSMI untuk saling membantu terutama dalam pelaksanaan tugas kefarmasiaan.

“kedepannya pengelolaan sediaan farmasi ataupun pelayanan farmasi klinis pada baksos pelayanan kesehatan yang didalamnya ada pelayanan kefarmasian, maka Apoteker harus ada didalam tim tersebut,” ungkap Ahmad Sofan.

Ahmad Sofan juga menambahkan, bahwa kerjasama kesepahaman dengan BSMI juga bukan hanya konteks pelayanan kefarmasian, namun juga includ dengan aksi kemanusiaan dan kebencanaan non kefarmasian ATB juga ikut terlibat.

“Kami juga bersinergi melakukan aksi kemanusian selain pelayanan kefarmasian, sebagai bentuk sosialisasi dan konsolidasi keberadaan apoteker di tengah masyarakat”, tutup Ahmad Sofan kepada Satubanten. (RLS/SBN)

You might also like
Comments
Loading...