Perkembangan Pendidikan Seiring Berkembangnya Zaman

Oleh:

Faizatur Rofidah

Mahasiswi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten


OPINI – Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara mengemukakan bahwa pendidikan ialah tuntunan tumbuh dan berkembangnya anak. Maksudnya adalah pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk menuntun kodrat pada diri setiap anak agar mereka mampu tumbuh dan berkembang menjadi seseorang yang dapat menentukan kebahagiaan dan masa depan mereka. Selama ini kita ketahui pendidikan hanya didapatkan dari sekolah. Sebenarnya pendidikan tidak hanya berasal dari sekolah saja, melainkan sewaktu kecil kita telah mendapatkan pendidikan dari orang tua dan itu berlangsung terus menerus seumur hidup walaupun berjalan tidaksecara tidak resmi.

Zaman dahulu, ketika Indonesia masih dijajah oleh bangsa asing, banyak dari rakyat Indonesia yang belum mengenal pendidikan. Hanya orang-orang yang mampu saja yang dapat mengenyam pendidkan hingga tinggi, sedangkan rakyat biasa banyak yang tidak mendapatkan pendidikan. Mereka hanya bisa menjadi budak yang bekerja terus menerus. Banyak perlawanan yang telah dilakukan, misalnya dengan berperang. Namun tidak cukup hanya berperang, karena pada waktu itu bangsa asing memiliki senjata yang lebih canggih daripada Indonesia. Kemudian munculah tokoh-tokoh yang menginginkan agar bangsa Indonesia bisa terlepas dari belenggu penjajah.

Jika bangsa Indonesia tidak dapat mengalahkan bangsa asing dengan berperang, kita bisa melawannya melalui pendidikan. Oleh karena itu, mereka yang berpendidikan bersatu serta mengamalkan ilmu yang mereka dapat demi kepentingan bangsa Indonesia. Maka disusunlah cara agar dapat mewujudkan itu semua. Para pemuda juga ikut bergabung dengan cara mendirikan organisasi-organisasi kemerdekaan. Dengan tekad yang kuat, akhirnya Indonesia pun merdeka.

Setelah kemerdekaannya, bangsa Indonesia mulai mencari cara kembali agar anak-anak bangsa bisa bersekolah secara merata serta menumbuhkan minat anak terhadap pendidikan menjadi lebih besar. Maka pemerintah mulai menyusun strategi yaitu adanya kurikulum yang nantinya akan disamaratakan oleh pemerintah agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan dan tidak adanya perbedaan dalam penyampaian materi pendidikan. Tidak lupa pula, pemerintah memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi sebagai hadiah dari mereka yang telah bekerja keras dan menjadi motivasi bagi yang lain.

Namun semenjak adanya Covid-19, sistem pendidikan di Indonesia mengalami beberapa perubahan, misalnya dalam kurikulum dan kegiatan belajar mengajar jarak jauh atau belajar hanya dari rumah. Memang belajar dari rumah ini kurang efektif, tetapi ini adalah cara terbaik yang telah diupayakan oleh pemerintah agar sistem pendidikan terus berjalan. Pemerintah juga sudah mengupayakan agar kita dapat kembali melakukan kegiatan belajar mengajar, baik di sekolah maupun di perguruan tinggi. Walaupun hanya belajar dari rumah, sudah seharusnya kita juga belajar serta mengerjakan tugas-tugas dengan baik.

Dari penjabaran di atas, pendidikan memang penting dalam kehidupan. Banyak negara asing yang menomor satukan pendidikan, contohnya negara Finlandia. Di Finlandia pendidikan itu gratis dan gurunya diberikan gaji yang besar oleh negara. Karena negara tersebut menghargai orang-orang yang berpendidikan. Sementara di Indonesia, pendidikan juga mengalami kemajuan hingga saat ini walaupun terdapat beberapa kekurangan di dalamnya. Tetapi Indonesia tetap mengupayakan yang terbaik untuk generasi saat ini. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa harus belajar dengan giat agar bisa mewujudkan negara yang maju khususnya dalam bidang pendidikan. (***)

You might also like
Comments
Loading...