Periode Lebaran, BI Banten Perkirakan Kebutuhan Uang Kartal Capai Rp 2,56 Triliun

Serang (20/5/2019) Satubanten.com – Kebutuhan Uang kartal di Banten periode Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H diprakirakan sebesar Rp 2,56 Triliun atau tumbuh 26% (yoy) dibandingkan periode tahun lalu dengan perkiraan kebutuhan penukaran masyarakat Rp 21,340 Milyar.

Menghadapi kebutuhan masyarakat yang tingggi tersebut, BI Banten bekerja sama dengan perbankan telah melakukan antisipasi dengan menyiapkan 44 titik layanan penukaran uang di seluruh wilayah Provinsi Banten.

“Bank Indonesia bersinergi dengan perbankan siap untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat dalam melayani kebutuhan dan strategi pemenuhan uang rupiah selama periode Ramadan/Idulfitri 1440 H,” ujar Pjs Kepala Kantor Perwakilan BI Banten, Erry P Suryanto kepada Satubanten News di Gedung BI Banten, Jumat (17/5) pekan lalu.

Setidaknya ada tiga langkah yang dilakukan BI untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat,  pertama, memperluas titik penukaran melalui kerjasama perbankan di titik keramaian. Kedua, mengintensifkan kersama dengan penyedia jasa transportasi, dan  ketiga,  menghimbau perbankan/PJPUR untuk mengoptimalkan pengolahan uang dan menjaga ketersediaan ATM dengan kualitas baik.

Dengan langkah tersebut, BI mendorong masyarakat untuk menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi untuk mencegah resiko uang palsu dan menjaga kualitas uang. BI juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap uang palsu dengan memperhatikan ciri keaslian rupiah dengan cara 3D yakini Dilihat,diraba dan diterawang. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...