Peringati Hari Kesehatan Nasional, IMADIKLUS Gelar Pengabdian

Serang (18/11/2019) SatuBanten.com- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Se-Indonesia (IMADIKLUS) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa bersama PMI Kabupaten Serang, UPT Puskesmas Kecamatan Petir, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Serang dan Provinsi Banten mengadakan kegiatan “IMADIKLUS Mengabdi” dengan rangkaian acara didalamnya seperti khitanan massal, cek golongan darah, donor darah serta Imadiklus Mengajar di Desa Kaligandu, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang.

Nurul, Ketua Pelaksana IMADIKLUS Mengabdi mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Kaligandu, bekerjasama dengan berbagai pihak.

“Kalau untuk donor darah dan cek golongan darah kita bekerjasama dengan pihak PMI Kabupaten Serang. Kalau untuk sunatannya, kita bekerjasama dengan BAZNAS Provinsi dan Kabupaten Serang, sedangkan dokter sunatnya itu dari UPT Puskesmas Kecamatan Petir, soalnya acaranya di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang di GOR Serbaguna Desa,” ujarnya.

Kegiatan IMADIKLUS Mengabdi ini merupakan program baru IMADIKLUS Untirta yang sudah diagendakan semenjak rapat kerja kepengurusan 2019-2020, sebagai salah satu implementasi tridarma perguruan tinggi dan program Divisi Pengabdian.

“Ini program yang sudah disepakati pada rapat kerja organisasi, mengingat salah satu divisi yang ada di IMADIKLUS yaitu Divisi Pengabdian, maka kami sepakat untuk membuat program IMADIKLUS Mengabdi yang dilaksanakan di Desa Kaligandu, Kecamatan Petir sebagai implementasi dari tridarma perguruan tinggi,” lanjut Nurul.

Program ini direspon baik oleh masyarakat, sehingga masyarakat juga ikut berpartisipasi. Adapun jumlah data khitanan massal 15 orang anak, cek golongan darah 25 orang dan donor darah sebanyak 25 orang.

Agus, selaku Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Petir mangatakan dalam sambutannya bahwa pihaknya sangat mengapresiasi program IMADIKLUS Mengabdi ini yang orientasinya pada kebutuhan masyarakat setempat, khususnya khitanan massal yang bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional. Hal ini juga disampaikan oleh Uum selaku Lurah Kaligandu, beliau berharap kegiatan semacam ini tidak selesai dalam satu waktu ini saja beliau mengatakan bahwa hal semacam ini semoga terus dapat dilakukan oleh IMADIKLUS dan kalangan mahasiswa lainnya sehingga keberadaan mahasiswa terasa oleh masyarakat sekitar.

Sementara Ketua Umum IMADIKLUS Untirta 2019-2020 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda besar terakhir dalam kepengurusannya, dia berharap semoga masyarakat benar-benar menerima manfaat dari kegiatan tersebut.

“Ini program terakhir kami, semoga program ini memberikan impact banyak terhadap masyarakat sekitar, dari mulai khitanan massal, cek darah, donor darah, IMADIKLUS mengajar, kerja bakti (bersih bersih masjid dan jalan), serta amazing fun games bersama anak anak sekitar,” jelasnya. (AAS/SBS033)

You might also like
Comments
Loading...