Peringatan Haul Syekh Nawawi Tanara Al-Bantani

Serang (23/06/2019) SatuBanten. News – Syekh Nawawi Al-Bantani lahir di kampung Tanara kec. Tanara kab. Serang Banten pada tahun 1230 H/1813M. Ayahnya bernama Syekh Umar bin Arabi dan ibunya bernama Zubaidah. Beliau merupakan seorang ulama yang terkemuka pada jamannya banyak karya-karya Syekh Nawawi yang sampai sekarang masih dipelajari di berbagai pesantren di Indonesia, salah satu karya beliau yang sangat terkenal tidak hanya di Indonesia ialah kitab tafsir yang berjudul Marah labid li kasyf ma’na qur’an majid yang biasa disebut dengan tafsir munir li ma’alim al-tanzil.

Selain itu beliau merupakan guru guru dari para ulama yang berasal dari Indonesia diantaranya yakni Kh. Kholil Bangkalan dan masih banyak lagi, beliau banyak menghabiskan waktunya mengarang kitab dan mengamalkan ilmunya, beliau wafat di Mekah pada tahun 1314 H/1897 M.

Para masyarakat di daerah asal Syekh Nawawi dilahirkan biasanya memperingati haul Syekh Nawawi pada jum’at akhir bulan syawal yang dimana pada tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 juni atau tanggal 23-24 syawal. Rangkain acara pada haulan Syekh Nawawi biasanya dimulai ba’da sholat ashar yakni pembacaan dalailul khoirot serta khotmil qur’an ba’da sholat magrib yang diteruskan dengan pembacaan silsilah dan tawasul selepas sholat isya.

Selain itu pada acara haul Syekh Nawawi Tanara biasanya diadakan festifal mengiring pajang yang di adakan di masjid-masjid di daerah Syekh Nawawi berasal. Acara inti pada haul Syekh Nawawi Tanara pada malam hari yakni tabligh akbar yang di bawakan oleh para kiyai.

Selain rangkain acara yang ada di kampung Tanara biasanya pesantren An-Nawawi pimpinan KH. Ma’ruf Amin salah satu cucu dari Syekh Nawawi  juga memperingati haul Syeikh Nawawi yang diselenggarakan di pesantrennya.

Yang kerap dihadiri oleh para pemerintah seperti mantan guburnur Banten Rano karno, sampai presiden RI yakni bapak Ir. H. Joko Widodo pernah datang pada acara haul Syekh Nawawi yang diadakan di pesantren An-Nawawi tersebut. (RR/SBS31)

Penulis : Hafid, Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

You might also like
Comments
Loading...