Perangi Hoax, ASN Tangsel Gelar Pelatihan SIMAN

Tangerang (17/7/2019) Satubanten.com – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie meminta aparatur sipil negara (ASN) untuk bijak dan mengawasi media sosial. Soalnya, di tahun depan Kota Tangsel bakal mengadakan tiga hajat besar. Tuan rumah MTQ Provinsi Banten, Munas Apeksi serta Pilkada.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota dalam sambutan pembukaan sosialisasi dan pelatihan Literasi, Sinergi Media Sosial Aparatur Negara (SIMAN) yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI di  Salah satu hotel di Serpong.

Diketahui, Tim SIMAN ini dikoordinasi Kemenkumham untuk memerangi berita hoax yang banyak meresahkan masyarakat dan untuk menyebarkan informasi positif dari pemerintah seperti layanan dan kebijakan yang dihasilkan pemerintah.

Wakil Walikota mengatakan, hoax dapat meresahkan dan memprovokasi masyarakat. Penyebaran hoax yang sangat cepat di masyarakat dapat disebabkan tingkat literasi media yang kurang. Oleh karena itu, dalam sosialisasi ini ditekankan harus menyaring informasi yang kita terima terlebih dahulu sebelum membaginya lewat akun media sosial kita.

“Banyak informasi baik dan faktual yang justru kurang tersampaikan ke publik. Di sinilah sinergi tim SIMAN dibutuhkan,” ujarnya dilansir laman resmi pemkot, Rabu (17/7).

Menurutnya, di era digital seperti saat ini, keberadaan media sosial (medsos) sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Begitu pun ASN harus bisa menguasai teknologi. Termasuk media sosial.

“Hampir semua orang memiliki akun medsos. Selain memberi dampak positif ada juga dampak negatifnya,” ujarnya.

You might also like
Comments
Loading...