Pentingnya Pengawasan Orang Tua untuk Cegah Anak Kecanduan Gawai

Serang  (19/9/2019) Satubanten.com –  Perkembangan teknologi  informasi di era digital mempermudah masyarakat mendapatkan akses informasi.  Namun, tidak untuk anak usia dini, sebab berteknologi  canggih cenderung menimbulkan dampak negatif pada perkembangan sang anak.

Oleh karena itu, peran serta orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang si anak. Sehingga, anak mengetahui batasan dalam penggunaan gawai. “Jangan sampai gara-gara asyik main handphone anak jadi lupa waktu. Ini tugas orang tua untu

k membatasinya,” ujar  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Serang Ade Jumaiyah Syafrudin, Kamis (19/9).

Menurutnya, gawai  seperti  telepon genggam, laptop, komputer tablet, telepon pintar dan elektronik sejenisnya hanyalah sebuah alat. Orang tua harus bisa mengendalikan pemakaian perangkat tersebut. Itu hanya untuk kepentingan otak anak. “Jangan sampai nyuruh anaknya tidak main handphone, tapi orangtuanya sendiri sibuk dengan gawai,” ujarnya.

Ade Jumaiyah juga mengatakan, orang tua harus bisa memberikan contoh kepada anak-anaknya. Sehingga bisa menjadi pendidik yang baik di dalam lingkungan keluarganya. “Artinya pola asuh orang tua kepada anak itu yang sangat mempengaruhi perkembangan si anak,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua TP PKK Kota Serang yang juga istri Wakil Wali Kota Serang Ana Mardiana Subadri mengatakan, pola asuh orang tua akan menjadi kunci keberhasilan anak. “Karena itu orang tua harus memperhatikan setiap tahap perkembangan anak,” ucapnya.

Ia juga menuturkan, adanya sosialisasi  tentang “Parenting” sangatlah penting bagi para ibu, khususnya anggota PKK. “Kebetulan kami juga memberikan sosialisasi untuk itu. Tujuannya tak lain adalah agar dapat diterapkan langsung oleh para orang tua,” katanya. (SBS)

You might also like
Comments
Loading...