Pentingnya Meningkatkan Produktivitas Mahasiswa di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

(Nur Inna Putri/Mahasiswa Universitas  Pamulang S1 Akuntansi )

OPINI. Satubanten.com- Semenjak adanya Pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, pemerintah terus berupaya melakukan beberapa kebijakan dan penanganan seoptimal mungkin agar virus Covid-19 tidak semakin menyebar luas. Pandemi Covid-19 memang telah memberikan banyak perubahan dalam tatanan kehidupan sosial. Terutama dengan adanya kebijakan untuk stay at home dan adanya pembatasan mobilitas.

Tanpa disadari, adanya hal ini dapat menciptakan adanya pola kehidupan sosial yang berbeda. Maka dengan adanya hal tersebut, pemerintah menghimbau masyarakat untuk mulai menerapkan tatanan adaptasi kebiasaan baru guna untuk tetap menjaga produktivitas selama masa pandemi yang belum kunjung usai.

Eksistensi pandemi Covid-19 ini juga sangat berdampak bagi dunia pendidikan, khususnya Institusi Perguruan Tinggi. Dimana sudah hampir 2 tahun kita melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring ini juga tidak bisa seoptimal dan seefektif seperti pembelajaran tatap muka pada umumnya. Tentunya dengan adanya hal ini dapat mengakibatkan efesiensi mahasiswa mengalami kemunduran. Munculnya fenomena ini seharusnya tidak menjadi penurun semangat dalam menuntut ilmu. Diera adaptasi kebiasaan baru ini banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan prestasi dalam menuntut ilmu.

Tetap menjadi mahasiswa yang produktif diera adaptasi baru adalah hal yang penting. Karena hal tersebut dapat mendorong kita agar lebih efektif dan efesiensi lagi dalam mengelelola waktu luang yang ada. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan :
1. Buat To-do list

Buatlah To-do list dimalam hari sebelum tidur. Rencanakan apa yang harus kamu lakukan diesok hari. Urutkanlah dari skala prioritas terlebih dahulu. Tujuan untuk membuat to-do list ini adalah agar waktu yang berjalan tidak sia-sia dan juga agar tidak ada kegiatan yang terlewatkan.

2. Mengikuti Webinar

Untuk menjadi mahasiswa yang berkualitas sebaiknya kita banyak menambah wawasan dan ilmu baru. Karena dengan adanya hal tersebut dapat menjadi bekal untuk kita agar mampu meningkatkan daya saing diluar maupun didalam perkuliahan.

3. Ikut serta dalam online course

Untuk meningkatkan daya saing, kita juga bisa mengikuti online course sesuai jurusan atau minat kita. Dengan mengikuti kegiatan ini, kita bisa mempersiapkan diri menjadi insan yang lebih siap lagi untuk menghadapi persaingan didunia kerja yang akan kita hadapi nantinya.

4. Beribadah yang optimal

Terlepas dari kegiatan duniawi diatas, kita sebagai manusia sebaiknya bisa menyeimbangkan antara urusan dunia dan akhirat. Dimasa pandemi ini kita bisa lebih memaksimalkan lagi ibadah kita agar lebih berkualitas dari biasanya. Misalkan kita bisa menjalankan ibadah solat sunah, puasa, dan belajar mendalami Al-Qur’an dengan membaca secara tartil dan memahami artinya. Dengan meningkatnya kualitas ibadah, akan menjadikan waktu luang kita lebih bernilai dan tidak sis-sia.

Terlepas dari kegiatan diatas, masih banyak hal lagi yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan produktivitas. Jadilah mahasiswa yang selalu mengasah dan mengembangkan kemampuan serta mampu untuk survive dimasa apapun. Saatnya kita mulai belajar untuk beradaptasi diera kebiasaan baru dan mulai melakukan perubahan sehingga kita mampu melewati masa pandemi ini. Karena “Bukanlah yang terkuat atau terpintar yang dapat bertahan, melainkan mereka yang paling mampu
beradaptasi dengan perubahan” (Charles Darwin). (Sbs11)

You might also like
Comments
Loading...