Penjelasan BMKG Serang Terkait Suhu Udara Panas Hari Ini

Serang (22/10/2019) Satubanten.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Serang memprediksi suhu panas di wilayah Serang dan Sekitarnya masih akan berlangsung hingga akhir Oktober 2019. Berdasarkan pencatatan, suhu udara di Kota Serang saat ini mencapai 37 derajat celcius.

Situs Cuaca  weather.com mencatat suhu udara di Serang saat ini mencapai 36 derajat celcius dengan kelembapan 45% dan kecepatan angin berkisar antara 14 kilometer per jam. Setidaknya itulah yang diperoleh dari hasil pencatatan Weather.com pada aplikasi pencatatan suhunya pada Selasa (22/10) siang ini.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Klas 1 Serang Tarjono mengatakan, saat ini Fenomena ini masuk dalam kategori cuaca ekstrim.  “Betul sekali, hal itu sudah dalam kategori cuaca ekstrim. Sebenarnya itu fenomena alam yang biasa terjadi. Tapi bisa juga disebabkan oleh pergerakan posisi matahari yang tepat di atas Pulau Jawa, dari katulistiwa menuju selatan katulistiwa,” ujarnya.

Cuaca ekstrim ini, ia menjelaskan, tidak terjadi setiap tahun. Namun, untuk pergerakan posisi matahari di atas Pulau Jawa terjadi setiap tahunnya.

Taryono juga menambahkan, saat ini merupakan masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Untuk wilayah Serang dan Cilegon akan memasuki awal musim penghujan pada Dasarian I-III pada bulan Desember mendatang. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...