Peninggalan Cagar Budaya Keraton Surosowan Sebagai Tempat Wisata Banten

Oleh : Rika Rahmawati, Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Serang (30/06/2019) SatuBanten. News – Keraton Surosowan adalah sebuah  keraton di Banten. Keraton ini dibangun sekitar tahun  1522-1526 pada masa pemerintahan  Maulana Hasanuddin yang kemudian dikenal sebagai pendiri dari  Kesultanan Banten. Selanjutnya pada masa penguasa Banten berikutnya, bangunan keraton ini ditingkatkan bahkan konon juga melibatkan ahli bangunan asal Belanda, yaitu Hendrik Lucasz Cardeel, seorang arsitek berkebangsaan Belanda yang memeluk Islam yang bergelar Pangeran Wiraguna.

Dinding pembatas setinggi 2 meter mengitari area keraton sekitar kurang lebih 3 hektare. Surosowan mirip sebuah benteng Belanda yang kokoh dengan bastion (sudut benteng yang berbentuk intan) di empat sudut bangunannya. Sehingga pada masa jayanya Banten juga disebut dengan Kota Intan. Saat ini bangunan di dalam dinding keraton tak ada lagi yang utuh. Hanya menyisakan runtuhan dinding dan pondasi kamar-kamar berdenah persegi empat yang jumlahnya puluhan.

Seiring dengan perkembangan zaman, Keraton Surosowan di Kasemen Serang Banten memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Serang tidak mengunjungi Objek Wisata Keraton Surosowan di Kasemen Serang Banten yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Objek wisata  Keraton Surosowan di Kasemen Serang Banten sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.

Keindahan objek wisata  Keraton Surosowan di Kasemen Serang Banten ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat objek wisata  Keraton Surosowan di kota Serang. Untuk mencapai tempat ini anda dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Anda dapat menuju Kota Serang untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke arah utara Kota Serang tepatnya ke arah Kasemen. Bila anda menggunakan kendaraan umum, anda dapat menuju terminal Pakupatan yang berada di kota Serang lalu naik kendaraan umum menuju pasar lama dan melanjutkannya menuju Banten Lama.

Atau anda dapat menyewa kendaraan umum untuk langsung menuju Banten Lama. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...